Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Kalimantan Barat telah menganggarkan peningkatan ruas jalan Apan-Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu dengan anggaran sebesar Rp2,5 miliar.

"Tahun ini jalan Apan-Ulak Pauk dibangun pengaspalan dan dianggarkan sebesar Rp2,5 miliar untuk pekerjaan sekitar 500 meter," kata Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu Muhammad Kharbi, kepada ANTARA, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Kharbi, pembangunan jalan tersebut dianggarkan melalui Dana Alokasi Umum (DAU), dengan total paket pekerjaan jalan tahun ini dari DAU sebanyaj 16 paket salah satunya ruas jalan Apan-Ulak Pauk dan dua paket pekerjaan jembatan yang juga dari DAU.
 
Kondisi ruas Apan-Ulak Pauk Kecamatan Embaloh Hulu perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang akan dibangun Tahun 2021 ini. (ANTARA/Timotius)

Sedangkan untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2021 ini, kata Kharbi, ada empat item pekerjaan jalan dan jembatan baik itu dari DAK reguler mau pun DAK penugasan.

"Dari DAK reguler kita bangun ruas jalan yaitu jalan Simpang Sekubah-Selimbau dan jalan Simpang Silat-Nanga Silat," kata Kharbi.

Sementara untuk, DAK penugasan dua pekerjaan yaitu pembangunan jembatan Sungai Melancau Kecamatan Puring Kencana daerah perbatasan Indonesia-Malaysia dengan anggaran sebesar Rp7 miliar.

Kemudian, pembangunan ruas jalan Sejiram-Gurung Kecamatan Seberuang dengan anggaran sebesar Rp4 miliar lebih.

"Jadi total pekerjaan fisik jalan dan jembatan dari DAU dan DAK Dinas PU, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kapuas Hulu sebanyak 22 paket, semoga pekerjaan pembangunan tersebut berjalan lancar sesuai aturan berlaku," ucap Khabri.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021