PT Telkom membangun jaringan fiber optik ke Dusun Sungai Tengar, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, untuk meningkatkan layanan telekomunikasi di daerah tersebut.

Jaringan tersebut untuk pintu masuk layanan telekomunikasi berkecepatan tinggi, IndiHome, sekaligus sejalan dengan peningkatan kualitas anak perusahaan PT Telkom, Telkomsel. FIber optik membuat layanan menjadi semakin cepat dan stabil.

Dusun Sungai Tengar adalah salah satu dusun dengan potensi ekonomi tinggi di Kalimantan Barat. Pertimbangannya, di daerah tersebut terdapat perusahaan PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW AR) yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengolahan dan pemurnian alumina. PT WHW AR memiliki Smelter Grade Alumina (SGA) refinery pertama di Indonesia  yang terbesar di Asia Tenggara.

Selama ini, akses yang jauh dari kota membuat masyarakat Dusun Sungai Tengar minim dengan informasi. Diharapkan dengan adanya jaringan yang mumpuni tersebut, potensi pengembangan sumber daya manusia di Sungai Tengar sejalan dengan potensi ekonomi yang dapat membuka peluang-peluang usaha di Sungai Tengar.

GM Telkom Kalbar Prio Sesanto dalam pertemuan secara virtual menyampaikan, yang dibangun Telkom sebenarnya bukan jaringan kabel. "Tetapi kami membangun ekonomi dan sumber daya masyarakat, kiranya akses internet kecepatan tinggi dapat bersinergi dengan program pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi Dusun Sungai Tengar," kata dia.

Pewarta: Rilis

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021