Sejumlah daerah di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat saat ini terendam banjir, bahkan sejumlah titik ruas jalan di daerah tersebut tergenang air dengan kedalaman rata-rata setengah hingga satu meter.
 
"Sejumlah ruas jalan dan permukiman warga di Kapuas Hulu sudah mulai terendam banjir terutama di daerah Boyan Tanjung dan Bunut Hilir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan, di Putussibau Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.
 
Disampaikan Gunawan, banjir di sejumlah daerah itu disebabkan meluapnya sungai Kapuas sejak Minggu (31/1/2021) kemarin, akibat curah hujan tinggi di perhuluan sungai Kapuas.
 
Menurut dia, selain di Boyan Tanjung dan Bunut Hilir, banjir terjadi di sejumlah titik dataran rendah Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Kalis, serta Bika.
 
"Di Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan dan Kecamatan Kalis, sudah ada beberapa ruas jalan serta pemukiman warga terendam banjir," kata Gunawan.
 
Sedangkan pantauan di lapangan, kata Gunawan, ruas jalan di Boyan Tanjung menuju Bunut Hilir sudah terendam banjir dan beberapa desa di daerah tersebut diantaranya Desa Nanga Danau, Penemur dan Desa Entibab.
 
Diakui Gunawan, Kapuas Hulu memang rawan banjir, sehingga di imbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada kemungkinan terjadinya banjir besar seperti Tahun 2020 lalu.
 
"Kami minta petugas di kecamatan atau pun di desa terutama Kades dan Camat segera melaporkan perkembangan banjir di daerahnya masing-masing dan kami imbau masyarakat waspada," pesan Gunawan. 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021