Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengunggulkan 10 kegiatan pariwisata yang akan diselenggarakan di berbagai daerah setempat pada 2021.

"Kami menetapkan Kepri Top 10 Tourism Event 2021," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Buralimar di Batam, Sabtu.

Sepuluh kegiatan unggulan pariwisata di Kepri yaitu Tradisional Dragon Boat Race di Tanjungpinang yang rencananya digelar 14-23 Juni 2021, Tour de Bintan di Bintan pada Maret, dan Iron Man Bintan di Bintan pada Agustus.

Kemudian, Festival Barongsai di Batam pada Maret, Batam Batik Fashion Week di Batam pada September, Festival Bahari Kepri di Tanjungpinang pada 13 September dan Kenduri Seni Melayu di Batam pada September.

"Serta Kepri Carnival di Tanjungpinang pada Oktober dan Mandiri Bintan Marathon di Bintan pada 3 hingga 4 Juni 2021," kata Buralimar.

Sebanyak 10 kegiatan pariwisata itu dipilih dari ratusan rencana yang disusun masing-masing kabupaten dan kota di Kepri.

Mengenai kegiatan pariwisata Kepri yang masuk kalender pariwisata nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ia mengatakan hal itu belum ditetapkan.

"Biasanya kadispar masing-masing provinsi presentasi ekspose, ada tim penilai dan kuratornya dari pakar-pakar Kemenparekraf," kata dia.

Ia mengaku belum mendapatkan informasi dari Kemenparekraf mengenai penetapan kalender pariwisata nasional.

"Tahun ini pihak Kementerian saja yang menentukan, belum dapat informasi," kata dia.

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021