Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat Sebastianus Darwis menyebutkan bahwa saat ini ada 11 kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt) dan untuk itu akan nada perombakan.

“Terkait perombakan birokrasi  akan melakukan hal tersebut namun tetap sesuai dengan aturan. Pasalnya saat ini ada 11 OPD yang kosong dan hanya terisi dengan Plt,” ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Senin. 

Ia menambahkan bahwa  saat ini pihaknya sudah mulai melakukan persiapan dalam mengisi kekosongan OPD yang kosong. 

"Tentunya yang profesional dan mau kerja dan cukup kepangkatan eselonnya," tegas Darwis.

Sebagai bupati baru, program utama yang akan dikerjakan selama menjabat yakni penataan birokrasi, infrastruktur jalan, ekonomi, pariwisata dan lainnya.  Terkait program 100 hari, Darwis tidak menyampaikan target kerja. Namun yang harus diperhatikan dan dikerjakan awal menjabat  adalah tata kelola pemerintahan. 

"Sebenarnya kita tidak ada program 100 hari ke depannya, intinya kita konsolidasi OPD dan perbaikan tata kelola pemerintah. Itu yang pertama kita laksanakan. Kita juga tumbuh kembangkan semangat para pegawai yang masih trauma dan takut, ini perlu kita berikan spirit kepada mereka,” kata dia. 

Tidak lupa Darwis mengucapkan terima kasih kepada  PJ Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman yang telah memimpin Bengkayang selama lima bulan dan roda pemerintahan dapat berjalan dengan baik. 

"Terima kasih kepada Bapak Yohanes Budiman atas pengabdiannya. Kepada masyarakat kami mengajak juga menjalin hubungan komunikasi dan silaturahmi yang baik. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis dan mampu membangun kesejahteraan masyarakat kabupaten Bengkayang. Kita sama-sama memajukan Kabupaten Bengkayang ke depan," kata dia.

Sementara itu, Yohanes Budiman saat terima jabatan Bupati Bupati dari PJ Bupati Bengkayang ke Bupati Terpilih  Bengkayang,  Sebastianus Darwis, Senin (1/3) menyampaikan  terima kasih kepada seluruh masyarakat, Forkopimda dan elemen-elemen atas kerjasama yang baik selama menjabat kurang lebih lima bulan di Bengkayang. 

"Pada kesempatan ini saya ucapan banyak terima kasih kepada semua dukungan dari semua komponen masyarakat, TNI- Polri, Forkopimda dan tokoh masyarakat, tokoh agama dan lain-lainnya yang sudah bahu membahu bersinergi untuk membangun kabupaten. Sehingga  saya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik," ucap Yohanes Budiman. 

Yohanes juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi semua pihak sehingga Pilkada Bengkayang tahun 2020 berjalan dengan kondusif dan damai. Ia juga mengapresiasi ASN yang telah menjaga netralitas dengan baik. 

"Puji Tuhan tidak ada kasus ASN terlibat langsung dan tidak langsung dalam  pelaksanaan Pilkada. Kita juga mengapresiasi kinerja penyelenggara Pilkada, KPU dan Bawaslu yang telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggara dengan baik,” kata dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021