Suka cita menyambut bulan suci Ramadhan begitu terasa sejumlah surau dan masjid, bahkan masyarakat dan pemuda bersama-sama memasang lampu hias di sepanjang jalan di sejumlah titik di Putussibau Selatan dan Putussibau Utara serta di sejumlah kecamatan lainnya di wilayah Kapuas Hulu Kalimatan Barat.

" Memasang lampu hias di jalan sudah menjadi tradisi kami untuk memeriahkan bulan suci Ramdhan, masing-masing lingkungan RT memasang sebagai ungkap suka cita kami menyambut Ramdhan," kata Ketua Komunitas Pemuda Kedamin (Kompak) Abdul Rahman, ketika memasang lampu hias jalan Tanjung Pandan Kelurahan Kedamin Hilir Putussibau Selatan, Minggu.

Disampaikan Abdul, malam hari terlihat indah dengan pernak-pernik lampu hias berwarna-warni keindahan bulan suci Ramdhan begitu terasa.

Menurut dia, tidak hanya menghiasi jalan dengan lampu hias, sejumlah pemuda dan masyarakat juga telah membuat gerobak saur, yang juga di hiasi lampu.

" Mulai dari lingkungan surau dan masjid, halaman rumah umat muslim sangat antusias menyambut bulan suci Ramdhan," kata Abdul.

Hal senada dikatakan Pemuda Teluk Barak Putussibau Selatan Arfin Suriadi Aceng, pemasangan lampu hias jalan memang rutin dilakukan oleh pemuda dan masyarakat sebagai wujud suka cita menyambut ibadah puasa.

" Nuansa bulan suci Ramadhan salah satu yang kami tunggu-tunggu, keindahan Ramdhan bukan hanya kegiatan di rumah ibadah, namun lingkungan masyarakat juga tampak indah dengan hiasan lampu di malam hari," kata Aceng.

Aceng menyebutkan dengan kegiatan pemasangan lampu hias di jalan lingkungan masyarakat dapat meningkatkan silahturahmi dan kekompakan bersama-sama mengungkapkan suka cita menyambut Ramdhan.

" Tanpa adanya lampu hias di jalan ada sesuatu yang hilang, terutama nuansa dan suasana di bulan Ramdhan, semoga dengan penuh suka cita itu dapat menambah nilai ibadah kita dalam menjalankan ibadah puasa," ucap Aceng.***3***

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021