Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara (Disporapar KKU), Kalimantan Barat Tasfirani menyebutkan bahwa kawasan wisata di daerah tersebut tetap dibuka hingga liburan Idul Fitri 1442 H namun tetap dengan ketat mengedepankan penerapan prokes COVID-19.

"Masih tetap dibukanya obyek wisata di daerah ini karena kami mengacu dan memperhatikan yakni tempat wisata tetap dibuka. Hanya saja dan tetap dengan memberlakukan protokol kesehatan,"ujar Tasfirani saat dihubungi di Sukadana, Selasa,

Untuk itu pihaknya saat ini terus melakukan persiapan - persiapan mengingat lonjakan pengunjung di kawasan pariwisata terutama di Pantai Pulau Datok. Hal itu dipastikan sebagaimana pola yang ada saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta hari libur terjadi lonjakan wisatawan baik lokal maupun luar.

"Kembali, Insyallah semua tempat wisata dibuka. Hari ini kami rapat koordinasi membahas teknisnya,"katanya.

Untuk mensukseskan hal tersebut pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Perhubungan, Sat Pol PP, Polisi dan TNI agar tidak ada terjadinya pelanggaran prokes di kawasan pariwisata.

"Semua lokasi wisata yang ada akan dibuka. Hal ini pun akan terus dilakukan koordinasi bersama sejumlah pihak terkait lainnya,"jelasnya.

KKU memiliki sejumlah destinasi wisata yang dapat dinikmati pengunjung selai Pulau Datok yakni Pulau Karimata, Pulau Pelapis, Taman Nasional Gunung Palung, Masjid Agung Oesman Al Khoir dan beberapa obyek wisata lainnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menandatangani Instruksi Mendagri Nomor 9 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro dan Mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 untuk pengendalian penyebaran COVID-19 pada Senin (19/4/2021). Inmendagri juga mengatur sejumlah teknis pelaksanaan PPKM mikro tahap keenam. Aturan PPKM mikro dilakukan bersamaan dengan PPKM kabupaten/kota termasuk di Kalimantan Barat.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021