Calon Ketua Kamar Dangang dan Industri Indonesia (Kadin) Arsjad Rasjid untuk periode 2021-2026 menawarkan organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian  tersebut menjadi Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif. 

"Kita memasuki norma baru, realitas baru, dunia baru. Oleh karenanya kita harus memiliki Kadin Baru. Kadin yang inklusif dan kolaboratif," ujarnya saat menjalin silahturahmi dan berbuka puasa bersama dengan pengurus Kadin Kalbar dan kabupaten/kota serta anak yatim di Qubu Resort, Kubu Raya, Selasa. 

Ia menjelaskan bahwa Kadin bukan hanya rumah atau milik seseorang atau rumah sekelompok, tetapi rumah bersama. 

"Untuk itu semua kita akan rangkul seluruhnya mulai dari mikro, kecil, sampai besar. Kembali, saya ingin membangun Kadin tumbuh secara inklusif dan kolaboratif.  Kadin sebagai rumah bersama. Rumah untuk tumbuh secara inklusif, artinya perlu merangkul setiap pengusaha besar maupun kecil hingga ke pelosok Indonesia," katanya. 

Ia menambahkan bahwa Kadin juga merupakan mitra pemerintah yang harus berkolaborasi untuk membantu perekonomian di Indonesia terutama Kalbar. 

"Kadin merupakan mitra pemerintah sehingga harus berkolaborasi membantu perekonomian di Indonesia khususnya terutama pada masa pandemi saat ini," katanya. 

Dirinya mengatakan peran ekonomi sudah lama sebelum adanya pandemi, tanpa disadari ini merupakan hal yang penting dalam menghadapi masa sulit tersebut. 

"Peran ekonomi sudah mulai sebelum adanya pandemi, tanpa kita sadari kita sedang dipecah belah karena kekayaan kita. Karena Indonesia itu kaya, dengan pertambangan, perikanan, dan kehutanan," kata dia. 

Sehingga saat ini penting adanya pemulihan baik dari bidang ekonomi maupun kesehatan, perlu adanya perbaikan dan pembaruan. 

"Untuk itu perlu dilakukan pulihkan, baik ekonomi maupun kesehatan. Keadaan Indonesia ini perlu adanya pembaruan dan perbaikan. Dengan adanya pandemi kita hidup dengan keadaan dunia realitas baru maka kita juga memerlukan Kadin baru," kata dia. 

Sementara itu Ketua Kadin Kalbar Joni Isnaini mengatakan Kadin merupakan rumah bagi pelaku UMKM hal ini harus menjadi prioritas utama. 

"Kadin kalbar akan bersinergi dengan Arsjad Rasjid karena visi misi beliau sejalan dengan Kadin yaitu membuat Kadin sebagai rumah kita sebagai wadah pelaku UMKM. Soal dukungan kami mendukung beliau sebagai Ketua Umum selanjutnya pada bulan Juni 2021 nanti," kata dia.

Pewarta: Dedi dan Yunita

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021