Wali Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Edi Rusdi Kamtono mengajak semua perangkat atau pengurus RT/RW di kota itu meningkatkan kewaspadaan dalam penanganan pandemi COVID-19 yang belum berakhir. 

"Kewaspadaan itu, termasuk untuk mengantisipasi warga yang mudik Lebaran tahun 2021, baik yang datang maupun yang keluar Kota Pontianak," kata Edi Rusdi Kamtono usai menyerahkan secara simbolis bantuan operasional RT/RW di Aula Kantor Camat Pontianak Timur, Selasa.

Ia berharap Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang diterapkan bisa menekan angka penularan COVID-19, khususnya di Kota Pontianak. Terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri, di mana pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik.

"Kita semua berharap Idul Fitri nanti berjalan aman, tidak terjadi kluster baru," harapnya.

Sejauh ini, lanjut Edi, tidak ada kendala dalam penanganan COVID-19 di tingkat RT/RW, namun dia meminta RT/RW melakukan koordinasi lebih lanjut untuk langkah isolasi atau membantu warganya bila ada yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Kolaborasi dan komunikasi pengurus RT/RW dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak sangat dibutuhkan, sehingga menjadi RT/RW yang tangguh terhadap bencana alam dan pandemi COVID-19," ujarnya.

Selanjutnya, tidak kalah pentingnya adalah pemulihan ekonomi dalam rangka membangun daerah lebih maju. Ia berharap RT/RW bersama-sama masyarakat bekerjasama dan berkontribusi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Manfaatkan peluang-peluang usaha yang bisa dilakukan di tengah pandemi sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021