Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-28 tahun 2021 BKKBN kembali akan melakukan pelayanan KB sejuta akdeptor, di Kalimatan Barat ditargetkan sebanyak 26.185  akseptor akan mendapat pelayanan pemasangan alat kontrasepsi KB.

"Pelayanan dilakukan baik itu KB jangka pendek maupun KB jangka panjang (MKJP) secara gratis dan serentak bertempat di fasilitas-fasilitas kesehatan (Faskes) yang telah ditunjuk yang ada di seluruh kabupaten/kota di Kalbar pada tanggal 28 Juni 2021," kata Koordinator Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Perwakilan Kalbar, Hadirin di Pontianak, Jumat.

Ia mengatakan, pelayanan itu akan diberikan satu dalam satu hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Namun untuk keseluruhan target pelayana KB sejuta aksektor serantak pada peringatan Harganas ke-28 totalnya 1.423.040 akseptor seluruh Indonesia.

"Dan ini akan diberikan mengunakan semua jenis alat kontrasepsi terdiri dari pelayanan IUD, Implan, Suntik dan Kondom, Pil, Metode Operasi Pria (MOP) dan Metode Operasi Wanita (MOW)," katanya.

Menurut Hadirin, pelayan KB itu tidak hanya  Peserta Baru (PB), namun boleh ganti cara, kemudian pelayanan ulang  tetapi diutamakan pelayanan KB  baru, karena untuk capaian di 2021 Kalimantan barat diberikan target  sekitar 185 ribu akesptor peserta KB baru.

"Maka untuk mencapai target tersebut, BKKBN akan mengoptimalkan pelayanan KB  dalam menjaring peserta KB baru melalui momentum-momentum strategis, diantaranya pada momen peringatan Harganas," katanya

"Secara teknis dari total  26.128 akseptor ini belum didistribusikan  per kabupaten/kota dan per jenis kontrasepsinya. Hal ini akan dibahas lagi di pertemuan virtual kedua dan yang ketiga finalnya,' katanya.

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021