Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya, Kalimanan Barat membuka pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara daring pada akhir bulan ini, yakni 29 Juni sampai 1 Juli 2021.

"Kami telah menyebarkan informasi kepada seluruh kepala sekolah mulai dari jenjang TK/PAUD, SD dan SMP se-Kubu Raya untuk PPDB dimulai 29 Juni hingga 1 Juli 2021," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubu Raya Muhammad Ayub, di Sungai Raya, Rabu.



Dia menyatakan dalam PPDB daring tersebut, pihaknya menginginkan penerimaan siswa baru berlangsung secara terbuka dan transparan serta terencana. Untuk itu, sebelum sekolah melakukan pembukaan untuk menerima peserta didik baru, hendaknya pihak sekolah menetapkan berapa daya tampung yang diinginkan.

"Ini penting dilakukan untuk memetakan sejauh mana tingkat kemampuan dan kebutuhan serta potensi yang dimiliki oleh sekolah," tuturnya.

Kemudian, data-data yang ada tersebut harus disampaikan kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Ayub berharap dalam kondisi pandemi saat ini, jika PPDB secara luring panitia harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. "Ini juga berlaku bagi orang tua yang mendaftarkan anaknya," katanya.

Menyinggung kapan tahun ajaran baru dimulai, Ayub mengatakan 12 Juli 2021. Dalam pekan-pekan ini untuk jenjang TK/PAUD dan SD dijadwalkan akan menyampaikan pengumuman kelulusan. Sedangkan SMP sudah dilakukan beberapa waktu lalu.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021