Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat mengatakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat berperan dalam menumbuhkan pemerataan ekonomi masyarakat hingga daerah pelosok, bahkan UMKM juga sebagai sarana dalam mengentaskan kemiskinan.

"Saya dan Pak bupati fokus tentang penuntasan kemiskinan, itu akan kita dukung upaya yang meningkatkan geliat UMKM di Kapuas Hulu," kata Wahyudi Hidayat, saat membuka sosialisasi kemudahan perizinan UMKM, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Wahyudi, melalui UMKM juga mampu menyumbang devisa negara karena ada produk pelaku usaha yang bisa menembus pasar internasional.

Menurut dia, potensi pengembangan usaha melalui UMKM itu harus terus didorong dan dikembangkan dengan berbagai kebijakan dan kemudahan terutama dari sisi legalitas perizinan pelaku usaha.

"Minat investor di Kapuas Hulu cukup besar, itu bisa didorong juga melalui potensi dari UMKM," ucap Wahyudi.

Wahyudi menyebutkan dirinya bersama Bupati Kapuas Hulu terus mendorong peluang usaha terutama dalam mengali potensi sumber daya alam di Kapuas Hulu yang berpeluang bisa menembus ke pasar internasional melalui kegiatan ekspor, apalagi Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

Ia mengatakan Kapuas Hulu Hebat yang menjadi visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu yaitu harmonis, energik, berdaya saing, amanah dan termapil (Hebat) merupakan upaya Pemkab Kapuas Hulu mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Saya berharap UMKM terus bergerak memajukan pertumbuhan ekonomi masyarakat, gali potensi kita agar mampu bersaing dalam pasar global," pesan Wahyudi.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021