Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat Marijan mengatakan, pihaknya sudah membayar insentif bagi tenaga kesehatan yang ada di kabupaten itu.

"Untuk pembayaran insentif bagi nakes sejauh ini tidak ada kendala. Semua sudah dibayarkan," kata Marijan di Sungai Raya, Selasa.

Pembayaran insentif itu bagi 1.600 lebih tenaga kesehatan di Kubu Raya berasal dari APBD dan DAK pemerintah pusat dan sudah tersalurkan.

Marijan berharap semua nakes bisa tetap semangat untuk melayani masyarakat, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Sebagai Kepala Dinas Kesehatam dirinya menilai sejauh ini, kendala yang dihadapi nakes jelas ada. Terlebih di situasi pandemi yang sangat panjang seperti ini mengakibatkan banyak nakes yang kelelahan dan banyak yang daya tahan tubuhnya menurun.

"Namun semuanya tidak terlalu mengganggu layanan kepada masyarakat di 20 Puskesmas, 128 Puskesdes dan 72 Pustu yang ada di Kubu Raya," tuturnya.

Terkait proses vaksinasi COVID-19 yang dilakukan di Kubu Raya, seluruh nakes yang ada juga sudah dilatih dan diintensifkan untuk melakukan vaksinasi.

"Dalam proses ini, kita juga dibantu oleh TNI dan Polri, sehingga tugas vaksinasi ini bisa terlaksana di lapangan dan ini terus kita maksimalkan," kata Marijan.

Sampai dengan tanggal 5 Juli 2021 ini, jumlah capaian vaksinasi COVID-19 di Kubu Raya sebanyak 37.746 orang terdiri dari 2.027 tenaga kesehatan, 22.402 tenaga layanan publik, 1.371 lansia, dan 11.946 masyarakat umum.

"Mudah-mudahan dengan program serbuan vaksinasi dan vaksinasi COVID-19 massal yang kita laksanakan saat ini, capaian vaksinasi di Kubu Raya bisa cepat tercapai," kata Marijan.*
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021