Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat menggelar vaksinasi massal dengan target 1.000 warga di Putussibau Utara dan Putussibau Selatan.
 
"Vaksinasi massal itu kami laksanakan untuk warga yang belum di vaksin wilayah Putussibau Utara dan Selatan, sedangkan untuk kecamatan lain vaksinasi dilaksanakan di masing-masing puskesmas," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan usai membuka vaksinasi massal di Indoor Voli Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu.
 
Dia mengatakan untuk vaksinasi massal itu ditargetkan 1.000 orang, namun jika masih ada warga lainnya yang mau divaksin akan tetap dilayani.
 
Dia mengatakan sebelumnya vaksinasi massal juga sudah dilaksanakan oleh Kodim 1206/Putussibau dan Polres Kapuas Hulu.
 
"Vaksinasi itu tidak terbatas, silakan masyarakat memanfaatkan vaksinasi tersebut sebagai salah satu upaya dalam penanganan pandemi COVID-19," kata Fransiskus.
 
Dia mengatakan vaksin penting bagi terwujudnya kekebalan tubuh dalam menghadapi sebaran COVID-19 karena dengan vaksin mengurangi risiko gejala berat apabila terpapar COVID-19.
 
Dia menjelaskan vaksin aman dan halal karena sudah ada izin secara klinis dan ada sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
"Jadi jangan takut atau ragu ikut vaksin demi kebaikan bersama dalam melawan sebaran COVID-19," kata dia.
 
Ia mengimbau masyarakat agar tetap disiplin dalam protokol kesehatan meskipun sudah divaksin.
 
"Sudah divaksin belum tentu terhindar dari sebaran COVID-19, tetapi dengan vaksin memperkuat daya tahan tubuh, jadi jika pun terpapar virus tidak bergejala berat dan mengurangi risiko kematian," kata Fransiskus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021