Lanud Supadio, Kalimantan Barat, melaksanakan vaksinasi anak kepada siswa SMA Pradita Dirgantara di RSAU  Muhammad Sutomo, Kamis, sebagai upaya percepatan penanganan COVID-19 khususnya kepada kelompok usia 12-17 tahun.

"Vaksinasi massal ini kami lakukan mengacu pada surat edaran Dirjen pencegahan dan pengendalian Kemenkes RI tentang vaksinasi tahap tiga bagi masyarakat rentan, masyarakat umum lainnya, dan anak usia 12-17 tahun," kata Danlanud Supadio, Marsma TNI Deni Hasoloan Simanjuntak di Pontianak.

Dia menjelaskan, jika vaksinasi terhadap siswa SMA Pradita Dirgantara ini merupakan tahap awal implementasi surat edaran Kemenkes RI yang dilakukan instansinya.

Dia menambahkan, dari data umum yang diketahui terdapat sejumlah kasus terkonfirmasi yang merupakan anak usia 0-18 tahun di mana hampir setengah kasusnya berada pada rentang usia 12-17 tahun.

"Pertimbangan kita dengan adanya kasus pada anak, ditahap awal ini tim vaksinator RSAU Mohammad Sutomo memprioritaskan pada siswa SMA Pradita Dirgantara yang masih berada di wilayah Kalbar saat ini," kata Danlanud.

Sejalan dengan itu, Kepala RSAU Mohammad Sutomo, Letkol Kes dr Ary Eko Arjunanto mengatakan, di tahap awal vaksinasi anak, pihaknya telah melakukan pemberian vaksin kepada lima orang siswa SMA Pradita Dirgantara melalui tahapan yang sesuai prosedur.

"Sebelum proses penyuntikan tentunya mereka telah melewati proses screening hingga tahapan akhir yaitu observasi," katanya.

Ke depan tidak menutup kemungkinan jika RSAU Mohammad Sutomo Lanud Supadio akan melaksanakan vaksinasi terhadap anak dengan jangkauan yang lebih luas lagi, katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021