Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat mencatat, hingga saat ini sekitar 113.600 warganya telah divaksin COVID-19, salah satunya
vaksinasi massal digelar oleh Pemkot setempat di GOR Pangsuma.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Jumat, mengatakan, saat ini capaian jumlah warga yang telah divaksin sebanyak 113.600 orang. Ia berharap jumlah tersebut semakin bertambah sehingga sebagian besar masyarakat telah divaksin.

"Mudah-mudahan dalam waktu singkat bisa mencapai 80 persen warga Kota Pontianak yang divaksinasi COVID-19 untuk mencapai herd immunity," kata Edi usai meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di GOR Pangsuma.

Selain dipusatkan di GOR Pangsuma, program vaksinasi massal juga tersebar di puskesmas dan rumah sakit, termasuk Program Serbuan Vaksinasi COVID-19 yang digelar TNI-Polri serta beberapa komunitas lainnya. Dengan tersebarnya lokasi vaksin, cakupannya juga ikut meningkat, hal itu dibuktikan dengan jumlah peserta vaksin yang pernah tercatat sebanyak lima ribu orang dalam sehari, katanya.

"Rata-rata jumlah orang yang mengikuti vaksin di atas seribu dalam sehari," ungkap Edi.

Baca juga: Lanud Supadio vaksinasi ratusan siswa SMA Pradita Dirgantara

Apalagi, lanjutnya, ditambah dengan serbuan vaksinasi yang digelar TNI/Polri maupun komunitas, jumlah peserta vaksin bisa mencapai 10 ribu orang per hari.

"Ini merupakan salah satu bentuk upaya kita dalam mencegah penyebaran COVID-19 sehingga bisa mengurangi dampak keterpaparannya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menjelaskan, vaksinasi COVID-19 di Kota Pontianak hingga kemarin untuk dosis pertama sudah mencapai 113.600. Kemudian untuk dosis kedua sudah mencapai 53 ribuan.

"Kami berharap target Pemkot Pontianak dalam mencapai 80 persen warga Kota Pontianak yang divaksinasi COVID-19 untuk mencapai herd immunity segera tercapai. Tentunya harus didukung oleh semua pihak," ujarnya.

Baca juga: Vaksinasi COVID- 19 insan perbankan Kalbar sasar masyarakat umum
Baca juga: Pemerintah Desa Teluk Kapuas lakukan percepatan vaksinasi COVID-19
Baca juga: PMKRI Kapuas Hulu ajak masyarakat ikuti vaksinasi massal

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021