Bupati Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat Muda Mahendrawan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi COVID-19 massal yang dilaksanakan di Desa Sungai Rengas, Kecamatan Sungai Kakap sambil memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak takut di vaksin.

"Dengan mempercepat vaksin COVID-19, maka kita bisa mempercepat proses imun tubuh masyarakat. Tentu kita semua ingin cepat keluar dari pandemi ini, sehingga kesuksesan program vaksinasi ini, harus kita lakukan bersama," kata Muda di Sungai Kakap, Jumat.

Dia mengatakan, dengan dilakukan strategi terhadap sebaran pelaksanaan vaksinasi di setiap desa, dirinya yakin gelombang penyebaran COVID-19 bisa ditekan sedini mungkin. Yang mana sebaran pelaksanaan vaksinasi massal ini dilakukan di 75 dusun yang tersebar di 17 desa dan 4 kecamatan.

"Yang paling utama di 17 desa dulu, karena ke 17 desa ini memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga penyebaran kasusnya sangat rentan terjadi. Mengingat dari 17 desa itu terdapat 6 desa yang masuk dalam zona merah, 5 desa zona orange dan 11 desa zona kuning," ujar dia.

Selain itu, desa-desa tersebut juga sebagian besar berada di hinterland yang langsung berbatasan dengan kota Pontianak yang cukup rentan penyebaran COVID-19. 

"Jika itu bisa kita dilakukan dengan maksimal, maka penyebaran dan lonjakan kasus COVID-19 akan bisa lebih dikendalikan," tuturnya.

Muda menuturkan, setiap harinya rata-rata ada 7 atau 8 dusun dari beberapa desa yang melakukan vaksinasi massal, maka akan ada 2.000 sampai 3.000 warga yang divaksin. Yang mana sejak tanggal 1 sampai 7 Juli 2021 sudah ada 24 dusun yang tersebar di 17 desa di empat kecamatan telah melaksanakan vaksinasi yang berlangsung di masing-masing kantor desa. 

"Untuk hari ini kita melakukan pemantauan di Desa Sungai Rengas dan Kuala Dua, di mana pada Kamis kemarin juga ada sebanyak 9 dusun di 3 desa yang tersebar di 3 kecamatan serentak menggelar vaksinasi massal diantaranya Dusun Ambawang Kuala, Parit Naim dan Dusun Parit Meliau Desa Ambawang Kuala Kecamatan Sungai Ambawang, Dusun Nirwana Desa Sungai Kakap, Dusun Melati Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap, Dusun Taman Raya Desa Sungai Raya Dalam, Dusun Tanjung Puri, Dusun Arang Jaya, Dusun Wonodadi Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya," katanya.

Pihaknya menargetkan, rata-rata perharinya 2.000 sampai 3.000 warga yang divaksin, jika dikalkulasi selama 29 atau 30 hari perbulannya maka akan ada 70.000 sampai 80.000 warga kita yang di vaksin setiap bulannya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021