Peringatan Hari Pramuka ke-60 di Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, dilangsungkan secara sederhana dan berlangsung khidmat.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Baubau, Sabtu, upacara peringatan dilaksanakan secara sederhana di Pantai Boti Batauga dengan inspektur upacara Kepala Dinas Pendidikan La Makiki mewakili Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani. Sementara pemimpin upacara, Sertu Bahrun dan Perwira upacara Sertu La Ode Muh Natsir.

Peserta upacara dibatasi untuk menghindari kerumunan sebagai upaya penanggulangan COVID-19. Peserta terdiri dari pengurus Kwarcab Pramuka Buton Selatan dan kepala sekolah di Kecamatan Batauga.

Kepala Kwarcab Gerakan Pramuka Buton Selatan, La Ode Abdul Kadir menyampaikan, kegiatan ini diperingati serentak secara nasional.

Ia mengatakan, sesuai instruksi Kwarcab Pramuka Pusat, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan dalam peringatan tahun ini.

Namun, kata dia, khusus di Buton Selatan hanya tiga rangkaian kegiatan yang dilaksanakan karena disesuaikan dengan kondisi daerah, yakni pertama adalah upacara tabur bunga yang dilaksanakan di Pantai Boti.

"Tujuannya untuk mengenang arwah para pahlawan kita yang telah gugur demi bangsa ini," katanya.

Kedua, lanjutnya, adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan Oputa Yi Koo, dan terakhir adalah kegiatan ulang janji.

"Kita di Pramuka ini memiliki janji terhadap organisasi, terhadap diri dan negara. Nah, ulang janji ini untuk refleksi, sudah sejauh mana kita realisasikan janji sebagai kader," tandasnya.

 

Pewarta: Hernawan Wahyudono

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021