Kepala Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Yonny Tri Prayitno mengatakan, sesuai izin yang diberikan oleh Pemerintah Sarawak melalui Sarawak Disaster Management Committee (Satgas COVID-19 di Sarawak), KJRI Kuching melaksanakan upacara Pengibaran dan Penurunan Bendera dalam rangka HUT ke-76 RI tanggal 17 Agustus 2021 di halaman depan KJRI Kuching, Sarawak.


"Upacara bendera peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI itu kami laksanakan tepat pukul 08.30 dengan pengibaran Bendera Merah Putih di Halaman Kantor KJRI Kuching," kata Yonny Tri Prayitno dari Sarawak Malaysia, Rabu.

Bertindak sebagai pembina upacara pada upacara HUT ke-76 RI, Konjen RI Kuching, Yonny Tri Prayitno menjelaskan, pengibaran bendera  dilaksanakan oleh Tim Paskibra KJRI Kuching, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 serta pembacaan doa. 

"Kami bersyukur, upacara pengibaran Bendera Merah Putih itu berlangsung hikmat diikuti sekitar 70 orang peserta upacara, diantaranya 10 orang WNI yang hadir mewakili tokoh masyarakat Indonesia di Kuching," ujarnya.

Dan sambungnya lagi, selama upacara semua peserta mengikuti panduan dari pemerintah Sarawak untuk taati protokol kesehatan pencegahan COVID- 19 diantaranya menggunakan masker dua lapis. Kegiatan juga disiarkan langsung secara streaming ke CLC-CLC di Sarawak.

"Selesai kegiatan upacara pengibaran bendera, dilanjutkan dengan acara ramah tamah, pemotongan tumpeng dan kue HUT RI, sambutan Konjen RI Kuching dan penyerahan hadiah lomba-lomba," ujarnya.

Kemudian ujar Yonny, tepat pukul 11.00 waktu Sarawak, Konjen RI Kuching beserta staf mengikuti live streaming upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Negara.

Ia menambahkan, pada sore harinya atau tepat pada pukul 17.00 waktu setempat, KJRI Kuching melaksanakan kegiatan upacara penurunan bendera di tempat yang sama. Kembali Konjen RI Kuching, Yonny Tri Prayitno  bertindak sebagai pembina upacara. 

Ia mengatakan, upacara penurunan bendera berjalan lancar dan hikmat diikuti sekitar 50 peserta upacara. Selesai Upacara Penurunan Bendera, tepat pukul 18.00 waktu Sarawak, Konjen RI Kuching beserta staf mengikuti Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara Jakarta melalui live streaming. 

"Dirgahayu Republik Indonesia ke-76, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," ujar Yonny.


 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021