Untuk menjaga kualitas keandalan dan keselamatan penyaluran energi listrik, PLN UP3 Pontianak melakukan optimalisasi aset-aset kelistrikan melalui program Care for Asset dengan cara turun langsung ke lapangan secara berkala untuk memeriksa seluruh asset yang dimiliki.

Manajer PLN UP3 Pontianak, Didi Kurniawan Abuhari, mengakui bahwa pihaknya mengelola asset kelistrikan berupa ; 4.480 unit gardu distribusi dengan total kapasitas sebesar 583.803 kVA, Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 3.725, 20 kms, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 6.331,82 kms, termasuk 69.205 bantang tiang JTM, dan 56.772 batang tiang JTR.

“Program Care for Asset ini harus dilaksanakan oleh seluruh unit-unit layanan. Asset  kelistrikan sangat penting untuk dijaga dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami. Harus dapat dipastikan asset tersebut terjaga dan terpelihara dengan baik, salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan keandalan dan keamanan penyaluran energi listrik ke pelanggan,” ungkap Didi.
 
Optimalisasi aset-aset kelistrikan (Foto ANTARA/Ho-Humas PLN)


Menurutnya,  seluruh unsur Manajemen sampai dilevel unit layanan wajib melihat langsung serta memeriksa aset-aset milik PLN sehingga dapat mengetahui secara riil kondisi di lapangan.
Melalui kunjungan rutin terhadap asset mulai dari gardu distribusi, peralatan dan jaringan distribusi maka petugas PLN dapat melihat dan memeriksa asset serta menindaklanjuti hasil pengamatan terhadap asset tersebut berupa pemeliharaan preventif terhadap asset yang tidak sesuai standar atau berpotensi menimbulkan gangguan terhadap suplai listrik ke pelanggan.

"Kami berharap, setiap asset dapat beroperasi secara maksimal sehingga dapat berkontribusi sepenuhnya dalam melayani kebutuhan listrik pelanggan, serta berupaya menurunan potensi terjadinya gangguan yang dapat mengakibatkan padam," tutup Didi

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021