Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta warga setempat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah peningkatan kasus COVID-19 yang saat ini mulai menurun di daerah itu.

"Kondisi terkini perkembangan kasus COVID-19 di Kota Pontianak semakin membaik, hal tersebut tergambar dari beberapa indikator yang menunjukkan penurunan, sehingga masyarakat jangan sampai kendor dalam menerapkan prokes," kata dia di Pontianak, Kalimantan  Barat, Senin.

Dia menjelaskan saat ini fasilitas karantina di Rusunawa Nipah Kuning sudah tidak ada lagi pasien yang diisolasi.

Baca juga: Wabup Kapuas Hulu minta guru jadi garda terdepan disiplin protokol kesehatan

"Sementara 'positivity rate' COVID-19 sudah berada di bawah lima persen dan warga Kota Pontianak yang meninggal dunia akibat terkonfirmasi COVID-19 di bawah tiga persen. Kondisi keterisian tempat tidur pada rumah sakit atau Bed Occupancy Rate (BOR) perawatan pasien COVID-19 juga sudah di bawah 40 persen," ungkapnya setelah meninjau pembelajaran tatap muka di SDN 03 Kota Pontianak.

Artinya, menurut Edi, kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kota Pontianak jauh berkurang," ujarnya.

Edi berharap, kondisi tersebut terus turun dan tidak ada lagi varian baru yang dapat mengakibatkan lonjakan baru kasus COVID-19.

Kendati demikian, ia berharap, masyarakat tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan agar kasus COVID-19 di Kota Pontianak terkendali dan terus menurun.

"Masyarakat diimbau untuk tidak lengah meskipun kasus COVID-19 terjadi penurunan, kita harus tetap waspada dan disiplin terapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Baca juga: Upacara HUT ke-76 RI di Washington terapkan protokol kesehatan

Dia menyebut jumlah capaian vaksinasi di Kota Pontianak saat ini hampir mencapai 40 persen dari total target 473.070 jiwa, khususnya warga berusia 13 tahun ke atas.

"Kami berharap target pada akhir tahun ini bisa mencapai 80 hingga 90 persen.
Dan mudah-mudahan pasokan vaksin dari pusat terus berjalan dan tidak putus," katanya.

Baca juga: Berhenti perdebatkan COVID-19, lebih baik fokus protokol kesehatan
Baca juga: Bupati Muda minta warga sudah divaksin tetap jaga protokol kesehatan
Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu imbau umat Islam taati protokol kesehatan saat Idul Adha
 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021