Ekowisata Telok Berdiri Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) masuk nominasi enam terbaik Eko Wisata 2021 dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021.

"Alhamdulillah, salah satu wisata di Kubu Raya, yakni Telok Berdiri saat ini sudah masuk dalam tiga besar nominasi terbaik Eko Wisata 2021 dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021. Mudah-mudahan kita bisa menjadi yang pertama," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, Ekowisata Telok Berdiri tersebut akan bersaing enam besar nominasi terbaik dari daerah lainnya di Indonesia. Kemudian, pemilihan terbaik akan dilakukan antara bulan November atau Desember mendatang.

"Kepada seluruh masyarakat Kubu Raya, mari kita berdoa bersama-sama agar kita bisa menjadi yang terbaik," tuturnya.

Muda mengatakan, keberhasilan itu tentu tidak lepas dari kerja keras semua pihak, dengan sistem Kepong Bakol, sehingga Kubu Raya bisa menjadi salah satu daerah yang mampu menembus tiga besar pada nominasi tersebut.

Terpisah, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kubu Raya Iping Indrawati mengatakan, keberhasilan ini merupakan yang pertama kali bagi Kabupaten Kubu Raya ikut berpartisipasi dalam ajang API tahun 2021. Yang mana nominasi API ini diberikan bagi seluruh kabupaten/kota dan provinsi yang memiliki nominasi daya tarik pariwisata yang dimiliki masing-masing daerah.

"Untuk API tahun 2021 ini ada 18 kategori/nominasi yang diperlombakan dan Alhamdulillah Kubu Raya untuk yang pertama kalinya ikut serta, meski dengan keterbatasan waktu karena kami sudah terlambat mengetahui adanya ajang ini," kata Iping.

Iping menambahkan, dari lima kategori yang diikutkan ini, sebelumnya Kubu Raya berhasil masuk nominasi dalam dua kategori yaitu Brand Pariwisata Rising Kubu Raya dan Ekowisata Telok Berdiri. Yang mana untuk Rising Kubu Raya ini, penilaiannya dilihat dari Kubu Raya yang selalu bergerak ke atas (menanjak) sesuai dengan city branding Kubu Raya dan tagline bupati Muda Mahendrawan untuk selalu berlari lebih kencang, 

"Untuk penilaian nominasi API 2021 ini dilakukan pihak-pihak yang ditunjuk panitia dengan melibatkan pakar-pakar pariwisataan dari berbagai bidang, sedangkan untuk bisa masuk ke lima atau tiga besar ditentukan voting yang melibatkan publik," katanya.

"Pada penyelenggaraan API ke-6 ini diikuti 136 daerah kabupaten/kota yang mewakili 27 provinsi. Dan Alhamdulillah Kubu Raya saat ini masuk sebagai daerah yang berpotensi untuk memenangkan ajang tersebut dan kita mohon doa seluruh masyarakat Kubu Raya," kata Iping.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021