Pemerintah Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar) gencar menarik minat investor untuk berinvestasi di kota itu, kata Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie.

"Kota Singkawang direncanakan akan menjadi kota satelit, industri, dan pariwisata sehingga bisa menjadi daya tarik investor untuk berinvestasi apalagi Singkawang aksesnya cukup dekat dengan Malaysia, Singapura, dan juga Hong Kong," kata ujar Tjai Chui Mie di Pontianak, Senin.

Dia mengharapkan akan banyaknya investor yang akan masuk guna memajukan perekonomian dan pembangunan di Kota Singkawang.

Ia juga berharap Kota Singkawang dapat menjadi kota pariwisata seperti Bali, karena kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Singkawang tidak dimiliki oleh kota lainnya, sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Sementara itu untuk pembangunan bandara, ia mengatakan baru saja mendapatkan anggaran sebesar Rp100 miliar pada tahun 2021 ini untuk pembangunan jalurnya. Ia berharap juga ada investor lainnya dalam membantu pembangunan bandara tersebut.

“Kami juga akan berusaha menarik investor untuk menginvestasikan dana dalam pembangunan bandara tersebut,” katanya.

Ia juga mengatakan dalam menyelesaikan pembangunan bandara itu, jangan hanya bergantung pada pemerintah, melainkan juga harus merangkul pihak-pihak lain agar pembangunannya cepat selesai.

Dia menambahkan saat ini proses pembangunan Bandara Singkawang masih dalam tahap penyelesaian land clearing.

Sebagai informasi, pemerintah pusat sudah terlibat dalam pembiayaan land clearing sebesar Rp110 miliar. "Dana ini meliputi land clearing tahap 1 sebesar Rp10 miliar dan tahap 2 sebesar Rp100 miliar. Dan mudah-mudahan untuk runawaynya juga bisa dibiayai oleh pusat," katanya.

Untuk pembangunan konstruksinya, Pemkot Singkawang menunggu keterlibatan pihak-pihak swasta.

"Kepada puluhan calon investor yang sudah melakukan site visit lahan Bandara Singkawang tahun lalu, diharapkan segera menyampaikan surat ketertarikannya kepada kami. Supaya kami bisa melanjutkan pembahasan lanjutan mengenai Bandara Singkawang," ungkapnya.

Selain itu dengan sudah adanya calon investor maka akan mempercepat pembangunan dan pengoperasian Bandara Singkawang.
 

Pewarta: Andilala dan Ponco

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021