Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan SE MSi menghadiri Sosialisasi Hasil Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana bersama Mitra tahun 2021 di Pendopo Bupati Ketapang, Kamis (14/10). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPR RI Komisi IX, Pejabat Tinggi Madya Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat.

Kemudian perwakilan Dinas Sosial Ketapang, Camat Delta Pawan, Tokoh Masyarakat, Kader Program Bangga Kencana dan lainnya. Wabup dalam sambutannya mengatakan sangat mendukung pelaksanaan pendataan ini. Ia menjelaskan bahwa pendataan keluarga merupakan kegiatan pengumpulan data primer.

Di antaranya tentang data kependudukan, data keluarga berencana, data pembangunan keluarga. Serta data anggota keluarga yang dilakukan oleh masyarakat bersama pemerintah. Pendataan dilakukan serentak pada waktu yang telah ditentukan setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah.

Baca juga: DPR RI dorong Pemeritah Daerah lebih fokus menangani kependudukan dan KB

"Dalam rangka mensukseskan kegiatan pendataan keluarga 2021 diperlukan sinergi dari perangkat daerah teknis, camat dan lurah. Serta kepala desa dan para kader terlatih yang berasal dari lingkungan RT/RW di mana keluarga tinggal," kata Wabup.

Wabup berharap pada pelaksanaan pendataan keluarga 2021 agar dapat diperoleh data mikro yang valid. Kemudian tidak hanya bermanfaat bagi BKKBN tetapi juga pihak terkait yang membutuhkannya. "Saya berharap hasil pendataan keluarga 2021 dapat menjadi dasar kebijakan," ujarnya.

"Kemudian penyelenggaraan perkembangan kependudukan, pembangunan keluarga, keluarga berencana dan pembangunan lainnya. Dapat digunakan sebagai data pembanding oleh instansi terkait. Serta mendapat data yang berkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan," lanjut Wabup.

Usai kegiatan sosialisasi, selanjutnya Wakil Bupati Ketapang bersama anggota DPR RI Komisi IX, H Alifudin SE MM. Serta tamu lainnya meninjau pelaksanaan vaksinasi yang di selenggarakan BKKBN di Pendopo Bupati Ketapang.

Baca juga: Vaksinasi di Ketapang capai 20 persen lebih
Baca juga: Dua desa di Kayong Utara belum terdata pada kegiatan Pendataan Keluarga 2021
Baca juga: Tenny : Realisasi pendataan Keluarga Kalbar 85,6 persen dari target

Pewarta: Bandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021