Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Putussibau mencatat realisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) pada triwulan III Tahun 2021 di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat mencapai Rp442 miliar lebih dari total anggaran sebesar Rp710,7 miliar.

"Di Kapuas Hulu realisasi APBN mengalami kenaikan, akselerasi terus dilakukan untuk menjaga tren positif tetap berjalan, sampai triwulan III total realisasi APBN mencapai 62,29 persen," kata Kepala KPPN Putussibau Chandra AS Wibowo, saat menyampaikan kinerja APBN, di Aula KPPN Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kamis.

Menurut dia, realisasi APBN tersebut terdiri dari realisasi Satuan kerja (satker) kementerian dan lembaga sebesar Rp145,13 miliar dari pagu Rp230 miliar lebih.

Kemudian, realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan dana desa sebesar Rp297,15 miliar, dari total pagu sebesar Rp480 miliar lebih.

"Adanya relaksasi kebijakan terkait syarat penyaluran turut mendorong akselerasi penyaluran DAK fisik dan dana desa," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Chandra juga menyebutkan capaian realisasi berdasarkan jenis belanja terdiri dari belanja pegawai sebesar 73, 75 persen, belanja barang 59,94 persen dan belanja modal 31,12 persen.

Ia mengatakan belanja pegawai berfungsi untuk menjaga daya beli aparatur dan menjamin pelayanan publik berjalan dengan optimal.

Untuk belanja barang dan modal, kata Chandra, digunakan untuk belanja operasional, penanganan COVID-19 termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesehatan, serta mendorong pemulihan ekonomi nasional.

"Sampai dengan triwulan III 2021, APBN terus bekerja keras untuk menahan dampak pandemi dan berperan sebagai instrumen countercycle mengatasi ekonomi agar tidak terkontraksi lebih dalam," katanya.

Rilis kinerja APBN yang diselenggarakan KPPN Putussibau tersebut dihadiri instansi vertikal baik dari kementerian dan lembaga yang ada di wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Dalam kegiatan tersebut KPPN Putussibau juga melaksanakan penandatanganan fakta integritas dan pemberian piagam penghargaan kepada Satker kementerian atau lembaga dengan kinerja terbaik untuk beberapa kategori.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021