Banjir rob menggenangi sebagian wilayah  Kabupaten Kayong Utara dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa seperti di Kecamatan Simpang Hilir yang disebabkan air pasang laut tinggi.

Salah satu warga Kecamatan Simpang Hilir, Andre di Simpang Hilir, Rabu mengungkapkan air pasang tinggi yang terjadi pada penutupan tahun sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi mereka yang berada di daerah pesisir tersebut. Namun ia berharap banjir rob tidak disertai dengan hujan deras yang akan membuat tempat mereka semakin tinggi ketinggian airnya.

"Kalau sudah akhir tahun seperti ini pasti air pasang tinggi ditempat kami, mudah- mudahan tidak hujan, kalau hujan pasti airnya pasti naik sampai ke rumah," kata Andre.

Ia mengakui kalau banjir rob kali ini cukup parah dari tahun sebelum- sebelumnya. "Kalau tahun lalu tidak parah seperti inilah air pasangnya, dan surut airnya cukup lama kalau tahun ini," jelasnya lagi.

Dari pemantauan lapangan air pasang mulai sejak jam 10.00  - 12.00 WIB, kondisi ini pun diperparah hujan dengan intensitas sedang mengguyur beberapa wilayah di Kayong Utara sehingga beberapa kecamatan seperti Sukadana, Simpang Hilir, Teluk Batang, Seponti yang berada tidak jauh dari tepi laut terkena dampak banjir rob tersebut.

Pewarta: Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021