Delegasi Fakultas Hukum Untan, Benny B Hendri berhasil menjuarai kategori Individu Lomba Debat Hukum Nasional antar Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diselenggarakan Arif Edison International Lawyer tahun 2021.

"Apa yang diraih oleh Benny B Hendri yang berhasil menjadi juara 1 kategori Individu Lomba Debat Hukum Nasional antar Perguruan Tinggi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh Arif Edison International Lawyer tahun 2021 ini tentu patut kita apresiasi. Mudah-mudahan apa yang di capai bisa memotivasi mahasiswa Untan lainnya," kata Wakil Rektor III, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Universitas Tanjungpura , Achmadi di Pontianak, Jumat.

Menurutnya, apa yang dicapai oleh Benny tidak terlepas dari peran pengurus UKM Debating Union Tanjungpura Yuniversiti (Duty) yang telah melatihnya sehingga menjadi juara.

"UKM Duty Untan ini memang sengaja dibentuk untuk meningkatkan kemampuan debat bagi mahasiswa. Dengan pembekalan yang diberikan oleh Duty kita sekarang bersyukur karena saat ini mahasiswa kita selalu diperhitungkan oleh Nasional bahkan internasional pada setiap ajang debat," ujarnya. 

Achmady menjelaskan, latar belakang berdirinya UKM tersebut melihat bahwa debat merupakan salah satu sarana terbaik dalam mengembangkan kemampuan  soft skills baik dalam berpikir kritis, beretorika, hingga penulisan esai yang kreatif dan persuasif.

Kegiatan yang dilakukan pada UKM tersebut, berupa latihan debat, berbagi bersama, pembahasan isu-isu yang bisa menjadi mosi debat seperti ekonomi, politik, hubungan internasional, teknologi, kepercayaan, feminisme dan topik-topik umum lainnya.

Selain kegiatan debat, anggota juga ada yang lain seperti badminton, bersepeda dan juga kegiatan sharing.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya terus mendorong seluruh UKM yang ada untuk bisa mengasah kemampuan anggota nya dan mahasiswa Untan lainnya.

"Kami dari Rektorat Untan juga akan mendukung maksimal setiap kegiatan mahasiswa yang ada dan kita sudah membuat program, jika ada suatu kompetisi, kita sudah mempersiapkan mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi tersebut jauh hari sebelumnya, agar mereka bisa memiliki kesiapan yang matang dan dapat menjadi juara pada setiap ajang lomba," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021