Wali kota Pontianak  Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat di Ibu kota Provinsi Kalimantan Barat itu untuk ikut menanam pohon dalam menjaga bumi atau mengurangi efek rumah kaca.

"Di momentum hari pohon sedunia atau World Tree Day 21 November 2021 mari kita menggalakan kembali menanam pohon dalam menjaga agar bumi ini tidak semakin panas," kata Edi Rusdi Kamtono usai menanam pohon bersama komunitas serta camat dan lurah secara simbolis di lokasi-lokasi yang dinilai perlu adanya penanaman pohon di Pontianak, Minggu.

Edi memilih menanam pohon di tepian Parit Sungai Raya Dalam yang sudah selesai penurapannya.

"Kita akan jadikan kawasan ini asri, teratur dan bersih dengan pohon peneduh di sepanjang jalan sehingga memberikan suasana teduh di kawasan itu," ujarnya.

Di hari pohon sedunia ini juga ia mengajak warga Kota Pontianak giat menanam pohon di manapun tempat yang layak untuk ditanami pohon, dan jenis pohon yang ditanami bisa pohon peneduh atau buah-buahan.

"Tetapi yang paling penting, kita mengajak masyarakat memelihara dan merawat pohon-pohon yang ada karena pohon itu sangat berguna bagi lingkungan dan makhluk hidup di sekitarnya," ujarnya.

Menurut Edi, banyak kegunaan dan manfaat pohon, selain memproduksi oksigen, pohon juga menyerap karbondioksida serta gas-gas beracun lain. Pohon juga berfungsi untuk keindahan dan keasrian lingkungan sehingga membuat siapapun merasa nyaman.

"Oleh sebab itu, mengingat fungsi pohon yang sangat vital bagi makhluk hidup dan lingkungan, maka menjaga dan merawat pohon merupakan upaya yang penting untuk keberlangsungan kehidupan di bumi ini," katanya.

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021