Pelajaran Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 02 Kabupaten Melawi Kalimantan Barat berhasil membuat inovasi dengan menciptakan kopi Sibung yang diolah dari tanaman kecombrang atau yang lebih di kenal Melawi dengan sebutan Sibung.

Inovasi pengolahan kopi Sibung itu di gagas oleh Riska Amelia dan Ayu Wahdaniyah yang masih duduk di kelas 9 MTs Negeri 02 melalui kegiatan karya ilmiah remaja.

"Kopi Sibung itu diolah dari bunga tumbuh Sibung di campur kopi, sehingga memiliki ras yang khas, asam-asam manis," kata pengagas Kopi Sibung Riska Amelia, menghubungi ANTARA, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu Kalbar, Senin.

Diceritakan Riska Amelia, tanaman kecombrang atau sibung itu banyak tubuh di Kabupaten Melawi dan merupakan salah satu ikon Melawi.

Ia mengatakan bunga sibung yang telah dikeringkan, di haluskan kemudian dikemas dengan bubuk kopi dengan takaran yang sudah ditentukan.


 
Kopi sibung sebagai minuman khas Kabupaten Melawi Kalimantan Barat. (ANTARA FOTO/HO-Dok MTs Negeri 02 Melawi)



"Untuk proses penyajiannya, minuman ini diseduh dan dapat disajikan hangat maupun dingin," ucap Riska.

Ayu Wahdaniyah juga menambahkan kopi sibung sendiri memiliki rasa yang khas yaitu asam-asam pahit.

"Agar lengkap, proses penyajiannya juga bisa ditambahkan gula aren agar mendapatkan cita rasa yang luar biasa," tutur Ayu Wahadiyah yang juga penggagas kopi sibung.

Sementara itu, Kepala Madrasah MTs Negeri 2 Melawi Wiwik Setiyorini berharap agar kopi Sibung bisa dikenal luas dan bisa menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Melawi.

Dikatakan Wiwik, saat ini MTs Negeri 2 Melawi bekerja sama dengan Dekranasda Melawi memproduksi kopi Sibung Melawi agar dapat dipasarkan secara luas khususnya di Kabupaten Melawi.

Diketahui bahwa tanaman sibung dapat mencegah kenaikan gula darah, mencegah kerusakan sel tubuh, menghambat pertumbuhan bakteri, dan antioksidan.

Efek antioksidan pada tanaman Sibung dihasilkan oleh kandungan senyawa flavonoid,yakni salah satu senyawa antioksidan yang membantu menangkal kerusakan sel dalam tubuh.

Tingginya kandungan antioksidan membuat sibung dikenal sebagai tanaman anti kanker.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021