Direktur PT Perkebunan Nasional (PTPN) XIII, Rizal H. Damanik dan General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo yang diwakili oleh Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Kalbar, Samuji, sepakat menandatangani nota kesepahaman serta Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) sebesar 11.500 kVA, di Hotel Ibis Pontianak, pada Rabu (01/12).

"Kami menyambut baik penandatanganan MoU ini, sebagai wujud sinergi dan kolaborasi antar sesama BUMN dalam meningkatkan produktivitas usaha," ungkap Direktur PTPN XIII, Rizal H. Damanik.

Baca juga: UMKM binaan PLN sabet juara 2 UMKM Berprestasi
Baca juga: Pemerintah akan sesuaikan tarif listrik non-subsidi tahun depan

Menurutnya, menggunakan listrik PLN akan memberikan dampak positif terhadap usaha yang jalankan, serta memberikan keuntungan khususnya dalam proses produksi yang tentunya akan menjadi lebih efektif dan efisien.

 
PTPN XIII dan PLN tanda tangan MoU (ANTARA/HO-PLN)


Rizal juga menjelaskan bahwa selama ini  kebutuhan listrik PTPN XIII dilayani oleh Genset dengan bahan bakar BBM dari 4 Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang tersebar di Kalbar, namun tidak mencukupi.

Sedangkan listrik yang berasal dari PLN, selain untuk menunjang operasional dan proses produksi di pabrik, juga akan dipergunakan untuk menyalakan listrik 2.000 rumah karyawan PTPN XIII, dengan harapan keberadaan listrik PLN dapat meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi karyawan. Selain itu, melalui dana CSR, pihaknya juga akan menyalakan listrik di 10 titik desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa disekitar lokasi pabrik.

"Kami berharap kedepannya akan terus terjalin kerjasama antara PTPN XIII dan PLN dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang saling menguntungkan, terutama dalam memanfaatkan Energi Baru dan Terbarukan untuk keperluan pengembangan pembangkit listrik," tutur Rizal.
 
PTPN XIII dan PLN tanda tangan MoU (ANTARA/HO-PLN)


Listrik Dorong Pertumbuhan Usaha Agrobisnis dan Agroindustri di Kalbar

PTPN XIII merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang usaha Agrobisnis dan Agroindustri kelapa sawit dan karet. Sejak awal berdirinya pada tahun 1996, untuk menunjang operasional, PTPN XIII masih menggunakan mesin genset milik sendiri, sehingga biaya operasional menjadi lebih tinggi.

Menanggapi hal tersebut, Manager PLN UP3 Sanggau, Gurit Bagaskoro, menegaskan bahwa melayani kebutuhan listrik PTPN XIII merupakan wujud keterlibatan PLN dalam mendukung pertumbuhan usaha agribisnis dan agroindustri di Kalimantan Barat, dan masuk dalam program Electrifying Agriculture.

"PTPN XIII menjadi salah satu target program Electrifying Agriculture yang kami jalankan guna  meningkatkan produktivitas usaha serta melakukan penghematan biaya operasional yang dijalankan oleh PTPN XIII," imbuh Gurit.

 
PTPN XIII dan PLN tanda tangan MoU (ANTARA/HO-PLN)



Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Kalbar, Samuji, menegaskan bahwa PLN tetap berkomitmen untuk melakukan sinergitas dengan BUMN lainnya, salah satunya PTPN XIII.

Melalui penandatanganan nota kesepahaman serta surat perjanjian jual beli tenaga listrik ini, dirinya berharap dapat membantu dan memberikan manfaat dalam mendorong produktivitas usaha PTPN XIII dan melakukan efisiensi biaya produksi.

Baca juga: PLN Hemat Rp60 M Dari PTPN XIII

Samuji juga mengapresiasi upaya PTPN XIII dalam meningkatkan usahanya dengan memanfaatkan listrik dari PLN yang lebih efisien.
Selanjutnya PTPN XIII akan dilayani secara reguler namun pelayanan yang diberikan akan dilaksanakan secara maksimal, dimana kualitas pasokan listrik akan  terjaga agar tidak menggangu proses produksi yang dijalankan.

"Kami berkomitmen untuk terus memberikan manfaat bagi masyarakat di Kalimantan Barat. Kehadiran PTPN XIII tentunya juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan pertumbuhan  perekonomian masyarakat di Bumi Khatulistiwa ini," pungkas Samuji.


Baca juga: Progres pembangunan pembangkit PLN di Bangkanai lewati 90 persen
Baca juga: PLN catat komsumsi listrik di Indonesia capai 210 TWh pada Oktober 2021
Baca juga: Pengunjung Electrifying Lifestyle Festival antusias ikuti test drive motor listrik

 

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021