Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa setempat memberikan pembekalan pengelolaan keuangan bagi kepala urusan keuangan desa se-Kubu Raya.

"Sesuai dengan komitmen kita, untuk desa-desa yang penataan keuangannya sudah baik, akan kita perbaiki lagi karena saat ini kita sedang menerapkan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Online dan CMS secara bersamaan untuk seluruh desa," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan usai membuka kegiatan pengelolaan keuangan bagi kepala urusan keuangan desa se-Kubu Raya di Sungai Raya, Senin.

Menurutnya, dengan menerapkan Siskeudes dan CMS, kepala urusan keuangan desa tidak repot lagi dalam membuat laporan keuangan serta aset desanya, karena semuanya sudah tersistem dan bisa di lakukan dengan lebih mudah.

"Ini juga sebagai memperkuat komitmen agar kepala bagian keuangan desa ini tidak hanya menjalankan rutinitasnya sebagai pencatat dan pengeluar keuangan, tetapi juga bisa memberikan gagasan kepada kades dan sekdes bersama LPM dan BPD," tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kubu Raya, Jakariansyah mengatakan, Siskeudes adalah aplikasi tata kelola keuangan desa yang dikembangkan Badan Pengawasan Pembangunan dan Keuangan (BPKP) bersama Kementerian Dalam Negeri RI. Tujuannya pun berguna untuk mendorong akuntabilitas pengelolaan keuangan desa-desa.

Dia mengatakan, Siskeudes Online merupakan langkah lanjut dari penerapan pengelolaan keuangan desa secara nontunai di seluruh desa di Kabupaten Kubu Raya. 

Menurutnya, dengan Siskeudes Online akan memudahkan pengelolaan keuangan desa. Mulai dari tahap perencanaan hingga pelaporan dan pertanggungjawaban.

"Transaksi-transaksi yang dilakukan pun harus terlebih dahulu dimasukkan perencanaannya dalam Siskeudes, sehingga akan ada sebuah bentuk pertanggungjawaban," katanya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2021