Sebanyak 122 siswa usia 6-11 tahun dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) 21, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat melaksanakan vaksinasi COVID-19, Selasa.

"Untuk Kota Singkawang yang sudah melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun adalah SDN 21 Singkawang Barat. Jumlahnya ada sebanyak 122 orang," kata Rindar Prihartono, Sekretaris Dinas Kesehatan dan KB Kota Singkawang.

Dia menjelaskan, hal itu dikarenakan, Singkawang juga sedang melaksanakan imunisasi Difteri pada usia 6-11 tahun. 

"Sehingga pemberian vaksinasi untuk sekolah-sekolah yang belum melaksanakan akan dijadwalkan dengan menyesuaikan selang waktu atau jarak antara imunisasi dan vaksin selama dua minggu," katanya.

Vaksin yang digunakan untuk anak, katanya, adalah vaksin Sinovac. Untuk sekolah-sekolah yang belum melaksanakan, katanya, akan segera dijadwalkan khususnya untuk SD. 

Dia berharap, seluruh anak bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19, walaupun tidak diwajibkan secara aturan. 

Namun, pihaknya akan selalu melakukan edukasi dan penyuluhan kepada orang tua agar anaknya mendapatkan vaksinasi COVID-19 untuk mendapatkan kekebalan kelompok di Kota Singkawang terhadap COVID-19. 

"Dengan mengajak dan mengedukasi orang tua tentang pentingnya vaksinasi bagi anak mereka, sehingga anaknya mendapatkan imunitas terhadap COVID-19 dan membantu mencapai Herd Immunity di Kota Singkawang," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022