Polres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat, meluncurkan Taman Belajar Wira Satria Wicaksana yang berbasis internet sebagai upaya meningkatkan minat belajar siswa di luar jam sekolah.

“Terpantau banyaknya anak 'nongkrong' di warung dengan alasan belajar untuk mendapatkan WiFi gratis. Melihat hal itu Polsek Sanggau Ledo menyediakan Taman Belajar yang dilengkapi dengan WiFi gratis bagi anak-anak yang di luar jam sekolah memiliki tugas 'online'," ujar Kapolres Bengkayang, AKBP Arif Agung Winarto saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia meminta kepada anggota Polsek Sanggau Ledo untuk selalu siap mendampingi dan mengarahkan setiap siswa yang datang dengan niat belajar.

Dalam hal ini, pihak Polsek mesti memberi fasilitas yang ada baik laptop maupun komputer sehingga dengan demikian anak-anak seusai pulang sekolah tidak ada lagi yang nongkrong-nongkrong di warung dengan alasan belajar daring.

Kapolres juga mengucapkan terima kasih kepada Forkopimcam dan pihak terkait, UPT Pendidikan, Kepala Sekolah dalam hal ini Kecamatan Sanggau Ledo dan kecamatan Tujuh Belas yang selama ini terus membangun sinergi, komunikasi dan koordinasi yang baik. Terutama dalam mendukung suksesnya Program Taman Belajar di Polsek Sanggau Ledo.

“Semoga dengan adanya Taman Belajar ini bisa membantu anak-anak yang memiliki keterbatasan sarana dalam menggunakan jaringan internet," tutupnya.

Sementara itu, Kapolsek Sanggau Ledo, Ipda Dwiyanto Bhanu mengatakan, tujuan didirikannya Taman Belajar di Mapolsek Sanggau Ledo yakni untuk menumbuhkan minat kecintaan dan kegemaran membaca, serta memperkaya pengalaman belajar bagi para pelajar.

Hal ini, kata dia, diperlukan sebagai langkah mempercepat teknik penguasaan belajar melalui internet untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi siswa.

“Kita siap membantu kelancaran penyelesaian tugas di sekolah melalui informasi jaring WiFi yang kita sediakan di Polsek Sanggau Ledo. Selain itu kita juga siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memfasilitasi tempat untuk pelaksanaan belajar yang berbasis internet. Semoga taman belajar bermanfaat bagi anak-anak kita dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menambah wawasan dan pengetahuan," harapnya.

Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sanggau Ledo, Tan Mustakim mengucapkan terimakasih dan apresiasi ditujukan Polsek Sanggau Ledo dan Kapolres Bengkayang yang telah mendukung adanya Taman Belajar Wira Satria Wicaksana di Polsek Sanggau Ledo.

"Taman Belajar yang dilengkapi jaringan WiFi untuk di Kabupaten Bengkayang baru ini artinya yang ada di Polsek Sanggau Ledo, bahwa Kepolisian juga ikut serta memberikan warna di dunia pendidikan," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022