Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengatakan pihaknya siap melakukan percepatan vaksinasi COVID-19 sesuai arahan Presiden Joko Widodo guna meminimalisir dampak penyebaran COVID-19 varian Omicron di Kalbar yang diprediksi meningkat pada Maret hingga Lebaran.

Sutarmijdi bersama Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, serta seluruh jajaran Forkopimda, mendengarkan arahan Presiden Republik Indonesia dalam pelaksanaan vaksinasi Lansia, anak usia 6 sampai 11 tahun dan vaksinasi lanjutan (Booster) di 34 provinsi seluruh Indonesia secara virtual di Kubu Raya, Kamis.

Pada kegiatan virtual tersebut, Presiden Joko Widodo memberikan apresiasi terlaksananya  kegiatan ini secara serentak di 34 provinsi karena vaksinasi sangat penting mengingat kasus harian COVID-19 yang semakin meningkat.

"Diperlukan percepatan vaksinasi, terutama kepada lansia dan anak-anak. Kunci utama pengendalian COVID-19 varian Omicron yaitu percepatan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan, terutama pemakaian masker," kata Presiden Joko Widodo.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Gubernur Kalbar menerangkan pembatasan aktifitas di kabupaten/kota tergantung pada level daerah tersebut. Untuk wilayah PPKM Level 3, Gubernur menghimbau para pelaku usaha, seperti kafe, untuk menutup usahanya pukul 21.00 WIB. 

Terkait vaksinasi, anggota TNI dan Polri melayani vaksinasi di berbagai gerai dan di semua fasilitas kesehatan setiap hari agar  target vaksin dosis 1 bisa mencapai di atas 90 persen dan dosis 2 bisa mencapai 70 persen di akhir bulan Maret 2022.

Gubernur mengungkapkan saat ini Kalbar masih memiliki kurang lebih 1 juta dosis vaksin yang tersedia. Vaksinasi juga akan menjadi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas maupun kegiatan ekonomi.

"Vaksin akan menjadi kebutuhan masyarakat agar tidak ada kekhawatiran dalam berinteraksi dan aktivitas ekonomi juga bisa berjalan dengan baik," kata Sutarmidji.

Di tempat yang sama, Kapolda Kalbar, Irjen. Pol. Suryanbodo Asmoro, mengatakan kegiatan vaksinasi kali ini menyediakan 600 dosis vaksin, baik untuk vaksin dosis 1, 2 maupun booster. 

"Ada 25 titik vaksinasi di Kabupaten Kubu Raya. Khusus di Qubu Resort, ada 600 dosis vaksin yang diperuntukkan bagi semua kalangan, mulai dari anak usia 6 sampai 11 tahun hingga lansia," kata Suryanbodo.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022