Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk bisa mendorong pengembangan kawasan wisata Temajuk yang ada di Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas.

"Seperti yang bapak (Sandiaga) lihat di tayangan video tadi, potensi wisata Temajuk sangat luar biasa. Sebelum pandemi COVID-19, kawasan wisata Temajuk bisa didatangi 3.000an orang dari Malaysia setiap minggunya dan ini layak untuk dikembangkan sebagai wisata nasional," kata Suatrmijdi saat mendampingi kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Pontianak, Rabu.

Dia memaparkan, selama ini, wisatawan dari Brunei Darussalam dan Malaysia merupakan satu rumpun budaya dengan Kabupaten Sambas yakni Budaya Melayu, sehingga mereka banyak berkunjung ke objek wisata di Temajuk.

"Di Sambas juga ada Keraton Sambas akan kita benahi dilengkapi waterfront-nya. Kemudian juga akan kita bangun komplek Rumah Adat Melayu di Sambas, sehingga orang tidak hanya ke Temajuk tapi juga masuk ke kota Sambas kemudian menginap sehingga sektor lainnya juga berkembang," tuturnya.

Di tempat yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan menjadikan objek wisata Temajuk sebagai salah satu destinasi wisata yang akan dikembangkan.

Namun, dirinya berharap agar Pemerintah Provinsi Kalbar juga bisa mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang ada di sana, agar pariwisata bisa lebih dimaksimalkan dengan adanya ekonomi kreatif di sana.

"Seperti produk UMKM dan ekonomi kreatif yang terdigitalisasi, yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya, ini juga harus kita kembangkan," kata Sandiaga Uno.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022