Pelaksana Tugas Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Ketapang, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat, Bharata Sibarani mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pengecekan di lapangan terkait informasi ada orangutan masuk ke perkebunan di Desa Sungai Sepeti Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara.

"Video berdurasi pendek pun beredar di jejaring sosial yang memperlihatkan orangutan berjalan dengan santainya di perkebunan kelapa sawit. Tim kami sudah koordinasi dengan pihak perusahaan dan ke Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sementara kita masih lacak info tadi,” ujarnya saat dihubungi dari Pontianak, Sabtu.

Saat dihubungi Pihak Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa) saat ini  siap melakukan upaya penyelamatan sesuai dengan kewenangan dan menunggu arahan  dari KSDA

"Kami menunggu  dari KSDA, intinya Tanagupa siap menjadi tempat translokasi orangutan liar, yang sudah melewati prosedur/langkah - langkah translokasi satwa liar," kata Kepala Seksi I Balai Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) Sukadana, Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat, Bambang Hari Trimarsito.

Ia menyebutkan bahwa Tanagupa memiliki  luas hingga 108.043,90 hektare dan merupakan taman nasional yang memiliki ekosistem  terlengkap  di Indonesia  di antara taman - taman nasional lainnya.

Selain itu juga, orangutan dan bekantan menjadi primadona di kawasan dilindungi tersebut  yang selama ini keberadaannya dijaga oleh pihak Tanagupa bersama lembaga swadaya masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Pewarta: Dedi/Rizal

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022