Petugas gabungan yang terdiri atas Polres Kayong Utara, Satpol PP, TNI, dan Dishub KKU melakukan pengawasan dan pengamanan arus balik Lebaran 2022, terutama pelabuhan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat..

"Kita telah menyiapkan pos pelayanan, dua di antaranya di Pelabuhan Sukadana dan Pelabuhan Teluk Batang. Kami mengawasi kapal maupun 'speedboat'," ujar Kapolres Kayong Utara Arief Hidayat saat dihubungi di Sukadana, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya dan instansi terkait selalu memastikan kelayakan fasilitas kapal, seperti pelampung dan mengawasi jumlah penumpang agar tidak berlebihan.

"Kita selalu mengimbau para penumpang untuk menaati aturan dan protokol kesehatan," kata dia.

Arif menambahkan bahwa demi keamanan bagi masyarakat Kayong Utara, pihaknya telah menyiapkan swab antigen di Pelabuhan Teluk Batang untuk penumpang arus balik ke Kayong Utara.

"Swab antigen diberlakukan bagi masyarakat yang belum vaksin maupun yang sudah vaksin namun baru vaksin satu untuk menekan penyebaran virus COVID-19 usai Lebaran 2022," kata dia.

Menurutnya, pada hari Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5) merupakan puncak arus balik Lebaran 2022 karena libur telah usai.

"Di Kayong Utara memiliki tiga pelabuhan, yakni Pelabuhan Sukadana, Melano, dan Teluk Batang yang dilalui 'speedboat' hingga kapal sehingga masyarakat yang ingin bepergian memiliki banyak pilihan dan tidak menumpuk di satu lokasi," kata dia.

Pewarta: Dedi/ Queena Az Zahra

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022