Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melepas keberangkatan 59 calon haji asal Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Keberangkatan jamaah calon haji tahun ini patut kita syukuri, sebab akibat wabah COVID-19 ibadah haji sempat ditiadakan demi keselamatan dan kesehatan," kata Fransiskus Diaan saat melepas keberangkatan jamaah calon haji di halaman Kantor Bupati Kapuas Hulu, Minggu.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu persiapkan keberangkatan 59 calon haji

Baca juga: Jamaah calon haji diminta perhatikan kondisi kesehatan

Disampaikan Fransiskus, menunaikan ibadah haji merupakan karunia Tuhan yang menjadi dambaan setiap umat Muslim. Selain itu ibadah haji juga merupakan kewajiban sekaligus kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Tuhan.

Menurutnya, untuk Kapuas Hulu Tahun 2022, mendapatkan kuota 59 calon haji karena adanya kebijakan dari Arab Saudi pengurangan kuota haji Indonesia, sehingga juga berdampak terhadap kuota haji Kapuas Hulu.

Menurur dia, jamaah calon haji asal Kapuas Hulu diberangkatkan menuju Pontianak, setelah itu bergabung dengan jamaah calon haji di Kalimantan Barat dan berangkat melalui Batam.

Baca juga: Hindari dehidrasi, Calon haji dianjurkan minum air secara rutin tiap 2-3 jam

Baca juga: Di tengah pelonggaran pandemi Arab Saudi ingin turis mancanegara naik tiga kali lipat
 
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat melepas keberangkatan calon haji asal Kapuas Hulu untuk melaksanakan ibadah haji di Mekkah. ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu. (Teofilusianto Timotius)


Dalam kesempatan itu juga, Fransiskus berpesan agar calon haji tetap menjaga kesehatan serta mentaati segala aturan yang berlaku selama proses perjalanan hingga pelaksanaan ibadah haji dan akhirnya bisa kembali lagi di tengah masyarakat Kapuas Hulu.

Dia juga berharap jamaah calon haji dapat diberikan kelancaran saat melaksanakan ibadah haji di Mekkah.

"Saya pribadi dan atas nama Pemkab Kapuas Hulu mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji, semoga tidak ada kendala dan kembali menjadi haji mabrur, tetap jaga kesehatan dan nama baik Kapuas Hulu," pesan Fransiskus Diaan didampingi Wakil Bupati Kapuas Hulu dan sejumlah pejabat lainnya.
   

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022