Bupati Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Fransiskus Diaan menilai vaksinasi berperan besar dalam upaya penanggulangan pandemi COVID-19 sehingga saat ini kasus mulai melandai dan kemungkinan ada transisi dari pandemi ke endemi.

"Vaksinasi bisa mengatasi pandemi COVID-19, terbukti tidak ada kasus baru di Kapuas Hulu, sehingga berbagai kegiatan masyarakat bisa dilaksanakan kembali," kata Fransiskus Diaan di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Baca juga: 58.689 anak Kapuas Hulu imunisasi pada pencanangan BIAN

Baca juga: Pemkab Kapuas Hulu gencarkan vaksinasi booster

Disampaikan Fransiskus, pemerintah telah memberikan kelonggaran dalam aktivitas masyarakat, dengan melihat perkembangan vaksinasi mulai dari vaksin dosis satu, dua dan saat ini sedang digalakkan vaksin dosis tiga atau booster.

Meskipun ada kelonggaran aktivitas dan rata-rata sudah menjalani vaksinasi, tetapi masih tetap diminta untuk selalu menjaga kesehatan, baik diri sendiri maupun di lingkungan sekitarnya.

Dia pun mengingatkan masyarakat apabila kurang sehat, suhu badan cukup panas sebaiknya melakukan isolasi mandiri, sebagai upaya antisipasi.

Baca juga: Hadapi Omicron tetap disiplin prokes dan vaksinasi

Baca juga: Bhabinkamtibmas diminta kawal percepatan vaksinasi di Kapuas Hulu

"Kita sudah rasakan bersama setelah vaksinasi kita memiliki kekebalan tubuh dan saat ini tidak ada lagi kasus baru COVID-19 yang dirawat di rumah sakit," kata dia.

Fransiskus mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap penyakit menular baik COVID-19 maupun penyakit lainnya.

"Silahkan vaksinasi booster sesuai anjuran pemerintah, jangan ragu ikut vaksinasi, karena sudah terbukti dan saat ini kita sudah ada kelonggaran beberapa di tengah masyarakat bisa kita laksanakan," kata Fransiskus.

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Kapuas Hulu sudah 52,03 persen

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat,  meminta seluruh jajaran di wilayah tersebut gencar melaksanakan vaksinasi dosis tiga, mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa.

"Manfaat vaksin sudah terbukti, saat ini tidak ada lagi kasus COVID-19 setelah libur Lebaran, jadi genjot lagi vaksinasi ke tiga," kata Bupati Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu.

Baca juga: Capaian vaksinasi di Kapuas Hulu sudah 74,01 persen
Baca juga: Salim Group gelar vaksinasi tahap dua di Silat Hilir Kapuas Hulu
Baca juga: TNI gelar vaksinasi di desa pedalaman Kapuas Hulu Kalbar
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022