Percepatan vaksinasi dalam penanganan COVID-19 di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat saat ini sudah lebih dari 74,01 persen atau 133.468 jiwa yang sudah divaksin.

"Secara nasional vaksinasi kita sudah melebih target yang ditentukan, meski pun demikian vaksinasi akan terus kita lakukan agar kita terhindar dari sebaran COVID-19," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu Kalbar, Rabu.

Baca juga: Salim Group gelar vaksinasi tahap dua di Silat Hilir Kapuas Hulu

Disampaikan Fransiskus, berdasarkan data Selasa (4/1), sudah 133.468 orang warga Kapuas Hulu sudah divaksin atau mencapai 74,01 persen.

Menurut dia, untuk sasaran yang akan divaksin sebanyak 180.327 orang dan dosis vaksin kedua sebesar 36,39 persen atau 65.615 orang, untuk vaksin dosis ketiga baru mencapai 989 orang.

Baca juga: Kapuas Hulu masuk PPKM level 2, masyarakat diminta disiplin prokes

Fransiskus mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, meski pun sudah menjalani vaksinasi.

"Kita semua berkeinginan pandemi COVID-19 segera berakhir, untuk itu meski pun sudah di vaksin, kita tidak boleh kendor dalam disiplin protokol kesehatan," ucap Fransiskus.

Baca juga: Sinarmas bantu Pemerintah percepat vaksinasi massal di Kapuas Hulu Kalbar

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Pengadilan Penduduk dan Keluarga Bencana Kapuas Hulu Ade Hermanto mengatakan untuk saat ini pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sasarannya masyarakat lanjut usia (lansia) di wilayah Kapuas Hulu.

Menurut Ade, target secara nasional Lansia yang akan divaksin sebanyak 60 persen.

Baca juga: Wabup Kapuas Hulu minta parpol bantu percepatan vaksinasi

Berdasarkan data pada 4 Januari 2022, Lansia di wilayah Kapuas Hulu yang sudah divaksin dosis pertama baru mencapai 8.149 jiwa atau 52,15 persen.

"Sasaran Lansia yang divaksin sebanyak 15.609 orang, dan vaksin dosis kedua bagi lansia baru mencapai 22, 85 persen atau 3.567 orang," jelas Ade.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022