Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Suryanbodo Asmoro menyatakan, pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2022 di wilayah Provinsi Kalbar fokus untuk menekan pelanggaran lalu lintas.

"Operasi Patuh Kapuas 2022 ini digelar selama 14 hari, yakni mulai 13 hingga 26 Juni 2022," kata Suryanbodo Asmoro seusai memimpin apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Kapuas 2022 di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, di Pontianak, Senin.

Baca juga: Polres Singkawang fokuskan penerapan prokes pada Operasi Patuh Kapuas 2021

Baca juga: Operasi Patuh Kapuas 2021 Polda Kalbar, utamakan keselamatan pengguna jalan

Dia mengatakan, apel gelar pasukan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh personel dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Kapuas 2022 di Provinsi Kalbar.

"Operasi Patuh Kapuas dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas menjelang Hari Bhayangkara tahun 2022, juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukung lainnya," jelasnya.

Selain itu, Operasi Patuh Kapuas juga bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas (kematian) serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

Baca juga: Polres Kayong Utara gelar Latpraops Operasi Patuh Kapuas

Baca juga: Delapan hari Operasi Patuh Kapuas 2021, ratusan pengendara ditilang

"Saya harapkan kepada seluruh kepala kesatuan wilayah jajaran Polda Kalbar agar menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan aplikatif serta cara bertindak yang tepat, efektif, dan efisien dalam mengatasi berbagai potensi gangguan selama digelarnya Operasi Patuh Kapuas," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Kalbar juga menekankan kepada anggota yang melaksanakan operasi pengamanan agar melaksanakan tugasnya secara profesional dan humanis.

"Berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarana dan prasarana dan perlengkapan perorangan yang memadai serta mantapkan kerja sama, sinergi dan solidaritas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi," pungkasnya.

Baca juga: 1.025 pengendara ditilang selama Operasi Patuh Kapuas 2019 di Sambas

Baca juga: Polresta Pontianak keluarkan 300 tilang-teguran sepanjang Operasi Patuh Kapuas 2019

 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022