TugBoat Bintang Intan Laut 7 yang di tumpangi enam penumpang yang merupakan cruw kapal tenggelam di Perairan Pulau Penata Besar Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi mengatakan  kejadian bermula pada saat TugBoat Bintang Intan Laut 7 menarik tongkang dari Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas menuju Pontianak.

Baca juga: Korban kecelakaan longboat ditemukan meninggal dunia

"Sekitar pukul 04.30 WIB, Tugboat tersebut sedang menarik tongkang dari Kecamatam Paloh Kabupaten Sambas menuju Pontianak, di dalam perjalanan di sekitar Perairan Pulau Penata Besar (1.32 NM arah Selatan Pulau) TugBoat berisi enam orang cruw itu dihantam ombak sehingga Tugboat mengalami kebocoran dan tenggelam," kata Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi, Kamis.

Yopi menambahkan dalam insiden itu enam orang cruw di dalam berusaha menyelamatkan diri dengan naik ke atas Tongkang dan dalam keadaan selamat semuanya.
 
Tim gabungan saat melakukan evakuasi terhadap enam cruw TugBoat Bintang Intan Laut 7 yang tenggelam di di Perairan Pulau Penata Besar Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Bengkayang. (ANTARA/Ho)


Yopi menambahkan proses evakuasi berjalan lancar di mana sekitar pukul 06.20 WIB tim rescue pos SAR Sintete menggunakan rigid inflatable boat menuju lokasi kejadian dan selang dua jam kemudian korban berhasil dievakuasi dengan selamat selanjutnya dibawa menuju dermaga Pantai Samudra Indah

Berikut Data nama-nama cruw TugBoat Bintang Intan Laut 7

1. Urip Santoso (58) Nahkoda.

2. Rusdiono (40) KKM.

3. Nandi Saputra (23) ABK.

4. Aris Sugiarto (30) Thn ABK.

5. Abdul Azis (22) ABK.

6. Titian Bayu (26) ABK.

"Penyelamatan ini dilakukan oleh tim gabungan dari Tim Rescue Pos SAR Sintete,  Polsek Sungai Raya Kepulauan, Pos Polair Sungai Raya Kepulauan, SPKKL Sambas (Bakamla), Puskesmas Sungai Raya Kepulauan dan Nelayan Setempat," tutup Yopi.

Baca juga: Tiga hari hilang, anak buah kapal ditemukan meninggal di Sungai Kapuas
Baca juga: SAR siagakan kapal penyelamat di tempat wisata di Kalbar
Baca juga: Basarnas siaga khusus lebaran di sepanjang Sungai Kapuas

 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022