Berbagai permainan rakyat ikut memeriahkan peringatan HUT RI ke-77 yang digelar oleh masyarakat Kampung Caping yang berada di pesisir Sungai Kapuas, Kota Pontianak. 

"Mulai dari Upacara Bendera Merah Putih yang juga digelar di Sungai Kapuas, kemudian ada lomba Sampan Kano, panjat pinang hingga karaoke malam ini," kata salah seorang Panitia Permainan Rakyat Kampung Caping Pontianak, Beny Thanheri di Pontianak, Rabu. 

Dia menjelaskan, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih digelar pagi hari di depan Rumah Cagar Budaya Pontianak yang kebetulan lokasinya juga berada di pinggir Sungai Kapuas.

"Kemudian kami atau masyarakat sekitar dan kelompok masyarakat peduli lingkungan juga menandatangani komitmen bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan atau Sungai Kapuas umumnya," katanya.
 
Permainan lomba panjat pinang, meriahkan HUT RI ke-77 di Kota Pontianak. (Foto ANTARA/HO-Beny)

Berbagai permainan rakyat lainnya yang ikut memeriahkan peringatan HUT RI ke-77, yakni lomba tarik tambang menggunakan Sampan Kano, serta dalam lomba fashion show menggunakan pakaian adat. "Yang semuanya digelar di air yang fungsinya memang untuk menjaga keasrian Sungai Kapuas," ujarnya.

Beny menambah, lomba panjat pinang digelar memang dalam rangka menjaga tradisi masyarakat yang menggambarkan semangat gotong royong, kerja sama yang baik dengan kelompok dalam mencapai satu tujuan.

"Apalagi berbagai permainan rakyat dalam memerintahkan HUT RI sempat ditiadakan dampak COVID-19, sehingga semangat masyarakat yang mengikuti berbagai perlombaan tadi cukup antusias," ujarnya.
 

 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Permainan rakyat di Kampung Wisata-Caping ikut meriahkan HUT RI

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022