Komisi Informasi Provinsi Kalbar memberikan apresiasi terhadap capaian kinerja Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Senentang Kabupaten Sintang selama dua tahun terakhir atas keterbukaan informasi publik.

Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Darusalam di Pontianak, Jumat, mengatakan Perumdam Tirta Senentang Kabupaten Sintang memiliki spirit atas keterbukaan informasi publik.

Hal itu terbukti dalam dua tahun terakhir sejak 2021 sampai 2022 Perumdam Tirta Senentang mampu menunjukkan jati diri sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mampu memberikan keterbukaan informasi layanan publik terbaik di Kalbar.

"Perlu diketahui tahun 2020, atas hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Komisi Informasi Provinsi Kalbar terhadap keterbukaan informasi layanan publik, Perumdam Tirta Senentang berada di kategori penilaian sedang, kemudian di tahun 2021 Perumdam Tirta Senentang mendapatkan predikat nomor satu di Kalimantan atas keterbukaan informasi layanan publik. Dan di tahun 2022 mereka juga masih masuk dalam tren keterbukaan informasi layanan publik terbaik," ujarnya.

Darusalam berharap Perumdam Tirta Senentang dapat meningkatkan sarana dan prasarana dalam penyampaian informasi layanan publik yang baik, yaitu berupa informasi dalam situs atau semua informasi yang bisa disampaikan.

Selain itu mereka juga harus bisa menyampaikan informasi secara jelas ditempat masing masing, terutama untuk mengantisipasi adanya informasi yang sifatnya tidak bisa diumumkan dalam situs.

Darusalam menambahkan hal yang paling penting dan nilai tambah bagi implementasi keterbukaan informasi layanan publik di BUMD adalah komitmen, kordinasi dan inovasi.

"Komitmen bisa berupa seperti komitmen menyediakan anggaran, SDM, menyediakan layanan publik dan komitmen pengembangan SDM dalam memperkuat layanan keterbukaan informasi. Sedangkan untuk koordinasi, tentu kordinasi yang perlu dilakukan dalam penguatan keterbukaan informasi layanan publik adalah koordinasi internal dan eksternal, serta pengelola informasi bagaimana informasi yang tersedia setiap saat bisa disampaikan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Perumdam Tirta Senentang Kabupaten Sintang, Jane Elisabeth Wuysang mengatakan sampai saat ini, pihaknya terus melakukan upaya dan inovasi guna meningkatkan keterbukaan informasi layanan publik di Perumdam Tirta Senentang.

"Upaya dan inovasi tersebut dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui informasi yang diberikan. Tetapi yang tidak kalah penting disini adalah bagaimana bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih, mengingat sangat sulit mempertahankan prestasi yang diraih, dari pada memperoleh prestasi," ujar Jane.

Jane menambahkan, inovasi yang pihaknya dilakukan diantaranya penggunaan beberapa aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan baik berupa soft copy maupun hard copy.

Jane berharap apa yang telah diraih kiranya bisa menjadi motivasi lebih bagi pihak Perumdam Tirta Senentang. "Yang pasti kami akan berkomitmen memberikan layanan sebaik-baiknya kepada masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Jessica HWw dan Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022