Kepala Balai beserta staf Balai  Taman Nasional Gunung Palung (Tanagupa), Kalimantan Barat,  menghadiri peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2022 yang diselenggarakan di Pantai Karangsewu, Gilimanuk, Bali pada 31 Agustus - 3 September2022.

HKAN diperingati setiap tanggal 10 Agustus, sejak tahun 2009, yang ditetapkan melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2009. 

“HKAN 2022 mengambil tema Amertha Taksu Abhinaya yang bermakna Memulihkan Alam Untuk Masyarakat Sejahtera,” kata Kepala Balai Tanagupa  M. Ari Wibawanto, Rabu.

Ari mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam menyelamatkan ekosistem alam serta menjadikan konservasi sebagai lifestyle atau gaya hidup sehari-hari.

“Banyak kegiatan sehari-hari yang bisa kita lakukan untuk mendukung konservasi alam, seperti mengurangi penggunaan plastik, membawa tumbler dan membuang sampah pada tempatnya,” tambah Ari.

Salah seorang staf  Tanagupa Wawan Setiawan mengatakan berbagai kegiatan menarik dan edukatif terkait konservasi dapat disaksikan dan ikuti secara langsung..

“Kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah jambore konservasi alam, talkshow, pameran TN TWA dan UMKM,  pentas seni budaya,  karya wisata konservasi alam, lomba melukis, lepas liar satwa,  transplantasi  terumbu karang, serta  penanaman bibit  mangrove,” tambahnya.

Momen HKAN mempunyai tujuan sebagai pengingat untuk kita semua, mengenai pentingnya menjaga konservasi alam untuk kesejahteraan masyarakat.

Pewarta: Rizal Komaruddin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022