Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Barat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMA Negeri 2 Kabupaten Sambas, agar memahami arti penting, nilai sejarah dan menjaga memori kolektif bangsa.

"Kegiatan ini kami laksanakan melalui Mobil Layanan Sadar Arsip di Kabupaten Sambas. Kami terus berbenah dalam upaya peningkatan pemahaman para pelajar tentang pentingnya kearsipan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Barat, Sugeng Hariadi di Pontianak, Kamis.

Menurutnya, masih banyak pelajar yang belum memahami tentang peran arsip sehingga pihaknya terus menerus melakukan perbaikan penanganan kearsipan di segala hal.

"Baik dari sisi SDM maupun unsur pendukung lainnya. Nah, para pelajar merupakan aset bangsa, untuk itu pelajar juga mempunyai peran yang sangat penting dalam pelestarian arsip," tuturnya.

Sugeng menjelaskan arsip bersejarah bisa menjadi memori kolektif bangsa sehingga pada gilirannya dapat memberikan semangat kepada generasi penerus, agar tetap bisa mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Sambas, Ade mengucapkan terima kasih, bahwa sekolah yg dipimpinnya mendapatkan kesempatan pertama dalam hal kegiatan Sosialisasi Sadar Arsip di Kalbar.

"Siswa kami sudah menyaksikan pemutaran film tentang sejarah perjuangan rakyat Indonesia serta dinamika Kalbar. Ini adalah sesuatu yang baru, di mana melalui keberadaan Mobil Layanan sadar arsip ini, siswa kami mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya arsip," kata Ade.

Sesuai namanya, Mobil Layanan Sadar Arsip dimaksudkan untuk memberikan gambaran utuh tentang arsip termasuk kegunaannya.

Dengan demikian, arsip dalam berbagai jenis dan medianya akan diperlakukan sebagai sesuatu yang berharga, bukan hanya sebagai tumpukan yang tak bermanfaat.

"Foto arsip perjuangan dan film perjuangan kemerdekaan menjadi tontonan yang sangat bermanfaat bagi pelajar dari layanan mobil sadar arsip ini," kata Ade.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022