Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menegaskan kepada seluruh SMK yang ada di provinsi itu untuk jeli membuka jurusan di sekolahnya, agar lulusan SMK bisa terserap maksimal dunia kerja.

"Saya menghimbau, kepada semua pengelola sekolah kejuruan (vokasi) agar jeli dalam membuat jurusan di sekolahnya, jangan asal buat saja. Misal perbengkelan/modifikasi kendaraan agar ketika tamat bisa bekerja di bengkel atau membuka bengkel sendiri, jurusan kuliner sehingga dapat mengembangkan perkulineran di Kabupaten Sambas dan banyak jurusan-jurusan menarik lainnya misalnya perhotelan, elektronik dan lain sebagainya," kata Sutarmidji di Pontianak, Senin.

Dirinya minta pihak SMK bisa memikirkan program studi yang bisa betul-betul diserap pasar. Hal ini mengingat SMK merupakan sekolah vokasi yang diharapkan mampu menghasilkan tenaga-tenaga ahli dan siap pakai dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja berkeahlian tertentu di suatu wilayah.

Baca juga: Sutarmidji upayakan pengendalian inflasi pangan berbasis data
Baca juga: Gubernur Sutarmidji targetkan APBD Kalbar naik hingga Rp2,8 triliun

"Hal ini juga dianggap sebagai solusi alternatif lapangan pekerjaan dan menekan angka pengangguran yang berdampak pada peningkatan indeks pembangunan manusia ( IPM)," katanya.

Dirinya juga mengajak untuk semua pemangku kepentingan mampu menjalin komunikasi yang baik ke pusat, agar adanya percepatan pembangunan yang nyata di sektor pendidikan.

"Mudah-mudahan ada kesempatan saya ke Jakarta, agar bisa dibantu oleh Mendikbud. Jangan hanya berharap pada APBD, jalin koordinasi yang baik dengan pusat misalnya dengan bagi hasil dana, supaya ada percepatan pembangunan dan kemajuan yang nyata," katanya.

Diharapkan pihak sekolah menjaga apa yang sudah dibangun, lingkungan sekolah harus dibuat nyaman, ditata dengan baik, kebersihannya juga dijaga, jangan sampai berantakan dan membuat suasana belajar menjadi tidak menyenangkan., demikian Sutarmidji

Baca juga: Sutarmidji salurkan bantuan BPD Kalbar bagi Kabupaten Sambas
Baca juga: Sutarmidji minta karang taruna ambil bagian bangun desa
Baca juga: Sutarmidji berikan beasiswa untuk wisudawan berprestasi

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022