AKBP Arief Hidayat menyampaikan pihaknya telah menyiapkan 170 anggota dalam pengamanan pelaksanaan  pemilihan kepala desa (pilkades)  serentak di Kabupaten Kayong Utara.

"Ini sudah disiapkan, selain itu kami juga mendapat bantuan dari Kabupaten tetangga yaitu Kubu Raya, serta kita bersinergi bersama dengan pemerintah daerah, TNI, untuk siap menyambut dan mengawal pilkades serentak ini," kata AKBP Arief Hidayat di Sukadana, Kamis.

Menurut dia, sebagai aparat penegak hukum pihaknya harus memastikan pelaksanaan kegiatan pemilihan yang digelar enam tahun sekali itu bisa berjalan sesuai peraturan yang berlaku dan  berjalan dengan baik.

"Tujuannya, dalam pengawalan ini, agar pilkades serentak di Kabupaten Kayong Utara dapat berjalan dengan aman, memastikan terselenggaranya pilkades memenuhi asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas serta dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan mengenai pilkades di 27 Desa di Kayong Utara," tambah AKBP Arief.

Salah satu panitia pelaksanaan pilkades di Desa Sutera menyampaikan pihaknya telah menyiapkan pengamanan selama logistik pilkades berada di kantor desa dan akan dijaga selama 24 jam dengan sistem bergilir.

"Kami sudah sepakat dengan panitia untuk menjaga 24 jam logistik pilkades dengan melibatkan panitia dan linmas Desa Sutera," kata dia.

Saat ini ada 27 desa yang akan mengikuti pemilihan serentak pada 16 Oktober mendatang yang tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kayong Utara.

 

Pewarta: Rizal Komaruddin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022