Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kuswandi mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

"Nilai luhur Pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan berbangsa dalam mempertahankan NKRI," kata Kuswandi, kepada ANTARA, di Putussibau, Kapuas Hulu, Jumat.

Ia mengatakan peristiwa pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI) seperti yang terjadi pada 30 September 1965 jangan sampai terulang kembali.

Peristiwa berdarah itu, katanya, cukup menjadi pelajaran agar seluruh masyarakat Indonesia semakin memperkuat rasa persatuan dan kesatuan demi mempertahankan ideologi Pancasila.

Menurutnya, ideologi negara Pancasila sudah menjadi landasan bangsa Indonesia dan telah disepakati bersama sejak Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.

Dia berpesan kepada generasi muda agar dapat mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, menanamkan rasa nasionalisme, dan patriotisme.

"Generasi muda sebagai penerus cita-cita bangsa jangan sampai mudah terpengaruh isu tidak jelas yang hanya ingin merusak keutuhan NKRI," ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat bijak menggunakan teknologi informasi agar tidak mudah terprovokasi berita bohong yang sengaja diciptakan kelompok tertentu untuk merusak rasa persatuan dan kesatuan.

"Jadi sebaiknya nilai-nilai luhur Pancasila harus  kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperkokoh rasa persatuan dalam kehidupan berbangsa dengan semangat nasionalisme," kata Kuswandi.

Baca juga: Edi sebut Pramuka tiang dalam menjaga keutuhan NKRI
Baca juga: KAHMI kekuatan bangsa sisi intelektualitas dalam kemajemukan bangsa
Baca juga: Salam Pancasila bisa menjadi bagian memperkuat NKRI

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022