Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di daerah itu memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah daerah untuk mengatasi persoalan inflasi dan kekurangan gizi atau stunting.

"Pemkab Kapuas Hulu apresiasi atas peran PKK selama ini mulai dari tingkat kabupaten hingga ke desa dalam mengatasi inflasi maupun stunting," kata dia di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa.

Dia  mengatakan upaya penurunan angka stunting di Kapuas Hulu serta penanggulangan inflasi tidak terlepas dari peran kaum perempuan, terutama yang tergabung dalam PKK setempat.

Baca juga: Pemda KKU ambil langkah cepat mengurangi risiko inflasi daerah

Dia menjelaskan penanggulangan stunting dimulai dari lingkungan keluarga.

Seorang ibu, katanyam  berperan penting dalam memperhatikan kesehatan keluarganya, terutama perbaikan gizi terhadap anak-anaknya, mulai dari dalam kandungan hingga tumbuh sehat dan terhindar dari stunting.

Begitu juga dengan persoalan inflasi atau ketahanan pangan, katnaya, kaum perempuan bisa bercocok tanam dengan tanaman pendamping padi, seperti umbi-umbian, sukun, jagung, dan sayur-sayuran.

"Kapuas Hulu masih memiliki banyak lahan yang bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam," kata Fransiskus.

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Kubu Raya jalankan strategi pengendalian inflasi

Dia berharap, TP PKK selalu bersinergi mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa, membantu pemerintah dalam pembangunan di Kapuas Hulu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kapuas Hulu Angeline Fremalco menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang selama ini telah mendukung berbagai kegiatan PKK hingga tingkat desa.

Dia berpesan kepada seluruh kader dan pengurus PKK di Kapuas Hulu untuk membuat program kerja yang menyentuh masyarakat, sehingga manfaatnya bisa dirasakan secara nyata di masyarakat.

"Saya yakin seluruh anggota PKK di Kapuas Hulu terus bisa berkarya dalam pengabdian untuk membantu pemerintah di berbagai bidang dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat," katanya.
.
Baca juga: Langkah pemerintah daerah mampu tekan kenaikan harga
Baca juga: Pemkab Sintang minta KAHMI ikut bantu atasi inflasi
Baca juga: KPPN Ketapang paparkan kinerja belanja Pemerintah jaga stabilitas inflasi

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022